Wednesday, January 11, 2017

Mewujudkan Mimpi dengan Membangun Resolusi

19 comments
Mewujudkan Mimpi dengan Membangun Resolusi


Selamat siang sahabat maya.
Alhamdulillah kita sudah di hari kesebelas di tahun 2017 ini. Buat sahabat yang sudah menentukan resolusinya, mungkin sudah mulai start mengupayakan targetnya.

Menentukan resolusi bukan sebatas ritual menyambut tahun barukan? Tetapi menjadi cara menguji konsistensi diri seseorang. Resolusi bisa menjadi tolok ukur pencapaian seseorang.

Menentukan resolusi sama halnya dengan membangun mimpi. Resolusi ibarat tangga untuk mencapai mimpi. Target atau mimpi yang ingin kita capai atau yang belum kita capai.

Dengan membangun resolusi diharapkan orang mampu dengan mudah mengevaluasi diri dan akan selalu termotivasi untuk lebih bersemangat. Misalkan ada resolusi untuk berkunjung ke luar negeri, untuk umroh, naik haji ya mulailah giat menabung untuk mewujudkan mimpi itu.

Intinya jangan takut untuk menentukan target dan jangan menyerah dengan kendala dan kesulitan untuk mencapai resolusi, karena di balik kerja keras yakinlah akan ada hasil yang membahagiakan. Ok selain berjuang dengan gigih mungkin ada baiknya kita memperhatikan beberapa tips di bawah ini untuk mewujudkan resolusi/mimpi atau harapan :

1. Sebaiknya resolusi mencakup 6 sisi

Kita semua tentu sepakat setiap tahun kualitas hidup kita ingin selalu meningkat dari tahun ke tahun. Karena itu sebaiknya resolusi yang kita buat idealnya mencakup enam sisi dalam kehidupan kita yaitu sisi spiritual, sisi intelektual, sisi kesehatan, sisi karier, sisi keuangan(finansial), dan sisi sosial.

2. Standar yang jelas

Seperti kita ketahui bahwa di dunia ini ada hal yang tak bisa kita ukur, misalnya keberhasilan mencapai resolusi. Oleh sebab itu kita seharusnya membuat standar yang jelas sebagai tolok ukur. Misalnya saja target di bidang studi, jadi tetapkan standar minimal nilai yang harus harus di dapat dari setiap bidang studi, kalau sudah melampaui target itu berarti sudah berhasil mencapai resolusi.

3. Memacu semangat

Misal saja tahun ini target menyelesaika skripsi, maka perlu adanya penjabaran target dengan lebih detail dengan mematok tenggat atau deadline. Tenggat atau deadline sangat penting untuk suatu rencana. Kegagalan sering terjadi karena  tanpa membuat deadline yang jelas. Tuliskan dengan jelas; Januari untuk mencari referensi, Februari untuk mengajukan judul, Maret dan pertengahan  April menyelesaikan bab 1, pertengahan April untuk tahap berikutnya dan seterusnya.

4. Setel alarm

Menuliskan dalam agenda harian beberapa tindakan untuk memudahkan dan meringankan dalam merealisasikan rencana. Tak ada salahnya menuliskannya di beberapa tempat, seperti pada cermin, dinding kamar, di komputer, dicatatan smartphone bila perlu tambahkan alarm pengingat.

5. Jangan anggap remeh

Setelah semua sudah ditentukan dan sudah diputuskan tujuan maka berkomimentlah, patuhilah apa-apa yang telah di buat. Jangan anggap remeh semua aturan main yang sudah di tuliskan. Saat timbul rasa yang akan melemahkan rencana, paksalah diri untuk patuh pada rencana yang di tulis oleh kita sendiri.  Tumbuhkan keyakinan bahwa kita mempunyai kemampuan untuk meraih semua mimpi yang sudah direncanakan.

6. Iringi selalu dengan doa

Rencana yang sudah dibuat, usaha yang sudah dijalankan, komitmen yang sudah dipatuhi akan terasa ringan bila selalu meminta bimbingan dan petunjuk pada Tuhan Yang Maha Esa. Selalu mendekatkan diri pada Nya dan mohonlah agar dimudahkan untuk mencapai impian serta mintalah selalu ridha pada Nya. Mintalah pula doa restu dari kedua orang tua agar di mudahkan dan dijauhkan dari hal-hal yang membuat terhalangnya meraih impian.


Mewujudkan mimpi dengan membangun resolusi


If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

19 comments:

  1. Alhamdulilah resolusi yang saya targetkan sedang berjalan mbak, meski harus sedikit fokus pada tujuan dan media sosial terabaikan. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedikit fokus pada tujuan, saya tahu sist Lisa pasti punya trik khusus untuk mencapai target, semoga tercapai target sesuai deadline

      Delete
  2. makasih mbak referensinya, untuk jadi referensi saya mencapai resolusi tahun ini. :)

    ReplyDelete
  3. Enam sisi, sungguh menggugah semangatku. Spiritual harus tetap terjaga.

    ReplyDelete
  4. sering kali resolusi jauh dari harapan.. yang penting tetap berusaha dan terus berusaha .. :)

    ReplyDelete
  5. Bikin standar yang jelas seperti apa mimpi kita sehingga dalam merealisasikan menjadi mudah

    ReplyDelete
  6. Lantas resolusiku apa ya ? ingin dekat dengan si dia ...he he

    ReplyDelete
  7. wuah, catat nih kak. soalnya saya lupa sisi apa saja yang dihadirkan untuk resolusi

    ReplyDelete
  8. terus melangkah ke depan untuk jadi yang terbaik, dan mengejar semua impian itu adalah harapan semua orang.., yang penting harus ada niat, do'a dan usaha.

    ReplyDelete
  9. iya bener, iringi setiap resolusi kita dengan doa :)

    ReplyDelete
  10. Sepakat banget point nomor 1 mbak.
    Pokoknya tetap semangat untuk resolusinya ya Mbak :)

    ReplyDelete
  11. Resolusi dalam hati,. Jarang dituliskan buat status/postingan.luput dr realisasi

    ReplyDelete
  12. Resolusi dalam hati,. Jarang dituliskan buat status/postingan.luput dr realisasi

    ReplyDelete
  13. Resolusi bukannya ukuran gambar kan mah??
    Justkidding .

    Belum ada resolusi, takut mati terbuai angan.
    Penting kerja kerja kerja eh kuliah nya kelupaan

    ReplyDelete
  14. Aku sih udah bikin banyak resolusi untuk tahun ini, malah udah posting di blog ku..

    Berharap sih banyak yg Aminin biar terwujud semua.. :D

    #SalamKunjunganBalik

    ReplyDelete
  15. Resolusi target saya di tahun ini sebenarnya ingin fokus menulis. Tapi ada saja halangannya.

    ReplyDelete
  16. Untuk yang yang namanya resolusi sudah tak pajang didinding kamar, agar ketika keluar kamar tambah semangat menggapai impian.

    ReplyDelete
  17. terakhir kali saya bikin resolusi tahun 2012, setelah itu ndak pernah lagi mbak, soalnya ga kesampaian, dan terkesan muluk2. saya juga sih orangnya ga berusaha lebih kersa untuk menggapainya

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu