Monday, January 2, 2017

Libur Sekolah Telah Usai dan Resep Goreng Tempe Nikmat

31 comments
Libur Sekolah Telah Usai 

Alhamdulillah, sekarang sudah berada di tahun 2017. Dengan melapaskan basmalah "bismillahirrahmaanirrahiim" kita mulai perjalanan hidup di tahun ini. Tak lupa pula shalawat dan salam kita tujukan pada nabi junjungan kita Muhammad Shallallahu allaihi wassallam, semoga kita kelak termasuk umat Rasulullah yang mendapat syafaatnya di yaumil akhir kelak, aamiin Allahumma aamiin.
Dan, semoga di tahun yang kita masuki ini lebih banyak lagi limpahan rahmat dari Allah Subhanahuwataalla, aamiin ya Allah.

Oh ya, libur sekolah telah usai, hari ini hari kedua di tahun 2017 dan terakhir libur sekolah. Saatnya mempersiapkan diri untuk kembali beraktifitas seperti semula. Peralatan sekolah yang beberapa hari ini tidak disentuh karena sibuk dengan aktifitas liburan, kini saatnya harus di persiapkan agar esok tidak ketinggalan saat sudah mulai bersekolah. Ok semua sudah siap!

Menutup hari libur dengan memasak bolehlah, aku punya resep goreng tempe garing dan nikmat. Cek resepnya yuk!

Resep Goreng Tempe Garing Nikmat 

Bahan-bahan yang diperlukan:

500 gram tempe, iris tipis setipisnya lalu jemur dulu 15-20 menit
250 gram tepung beras
3 sdm tepung kanji/tapioka
200 mili air (air es )
Minyak untuk menggoreng

Bumbu-bumbu yang dihaluskan:

    1 butir telur
    1 sdm ketumbar
    3 siung bawang putih
    2 butir kemiri
    Air kapur sirih sedikit saja
    Garam dan penyedap sekucupnya

Cara membuatnya:

Haluskan bumbu setelah itu campurkan semua bahan, aduk rata sampai adonan halus, benar-benar halus tak ada gumpalan tepung lagi.

Panaskan minyak dengan api sedang, celupkan tempe dalam adonan dan goreng sampai kering.
Tempe goreng garing dan nikmat siap sudah.
Selamat mencoba dan selamat beraktifitas.
Salam.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

31 comments:

  1. wah pas banget nih.., waktunya aku makan malam ada sajian tempe goreng., apa lagi tempe goreng nikmatnya di iris tipis2. rasa kriuknya lho yang bikin pengin nambah lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, monggo mas di nikmati gambarnya
      sambil membayangkan tempe garingnya pecah di mulut
      salam

      Delete
  2. cowok boleh ikutan masak kan ??? goreng tempe itu favorit aku banget kak,,, apalagi kalau dibikin balado gitu,,heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentu saja boleh, rata-rata chef hebat cowok loh, hehe
      sama dong suka tempe
      terima kasih

      Delete
    2. paling kalau aku bikin sambal deh yang responnya positif , biasa kalau ada acara kumpul2 giliran saya yg bikin sambalnya,,hahahha
      btw kok kesukaannya sama ya,,jangan-jangan kita ??? ,,wkwkwkwkwk

      Delete
    3. jangan-jangan kita suka makan tempe ya, hehe
      tempe makanan semua kalangan, baik tua maupun muda
      tempe murah dan kaya nutrisi
      loh

      Delete
    4. tapi kebanyakan makan tempe juga gak bagus atuh ,, entar bakalan punya penyakit kacangan loh kak ? belum tau kan penyakit kacangan ,,, sama sih aku juga gak tau dan itu mah ngarang,,hahahahha

      Delete
    5. oh suka bercanda ya, penyakit kacangan hehe, semoga dijauhkan dari segala penyakit
      aamiin

      terimakasih

      Delete
    6. hidup tanpa becanda itu bagaikan tempe goreng tanpa bumbu penyedap rasa ,,,wuahahahha

      Delete
  3. Mau resepnya Mbak Maya. pake air kapur sirih segala ya? aku gapernah pake. Pingin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, cobain aja
      aku baru tahu juga dengan resep ini, maksudnya yang pakai kapur sirih
      salam

      Delete
  4. keliatannya kriuk gitu, kapan2 coba deh. biasanya saya cuma make terigu plus tepung beras :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga gitu, boleh di coba semoga rasanya memang enak sesuai dg yg dibayangkan

      Delete
  5. Wah di sini nggak ada kapur sirih, mbak, bisa nggak ya kalau nggak dikasih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya nggak ada donk ,,adanya juga di tukang sembako ,,, kalo sekapur sirih biasanya ada,,ahah

      Delete
    2. Kandungan kalsium di dalam kapur sirih akan bereaksi dengan pati dari beras atau tepung, sehingga makanan akan bertekstur lebih padat dan keras (tidak lembek). Penggunaan air kapur sirih tidak boleh terlalu banyak karena akan menimbulkan rasa pahit pada makanan.
      Mengenai bisakah bila tidak menggunakan air kapur sirih, jawabnya bisa, tp hasilnya mungkin tidak sesuai dengan resep, hanya itu saja menurut saya pribadi, ok slmt mencoba
      salam

      Delete
    3. Rusdan terima kasih dengan candaannya, ya selingan humor bisa membuat segar suasana seperti pagi ini 😁😁

      Delete
  6. Pake telur dan kemiri juga ya, hmm.... nikmat ini pastinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, semoga saja rasanya nikmat beneran 😀

      Delete
  7. Penggunaan air kapur sirih yang berlebihan tidak terlalu dianjurkan karena mempengaruhi rasa pada makanan juga tidak baik untuk kesehatan

    ReplyDelete
  8. iya benar , kebanyakan pake kapur itu bikin pahit kayak obat ... sebelum masak , pilihlah tempe yang baru di produksi ...
    gak ada canda pagi ini karena jarinya kaku akibat hujan di pagi ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok terima kasih
      daerahku cerah tak ada tanda-tanda akan turun hujan
      alhamdulillah

      Delete
  9. haha tempe nyo pasti lemak nian ye,,, kebetulan aku jugo seneng samo tempe. Tapi aku belum pernah makan tempe pake kapur sirih macem itu, pengen nyubo nah. Asal jangan pake kapur barus bae mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iyo pulo madai makanan di enjuk kapur barus, ado-ado bae awak nie ay dah
      haha

      Delete
  10. daerahnya di mana atuh ??..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh itu bahasa dari daerah Sumatera Selatan Palembang

      Delete
  11. Tempe yang di goreng garing kesukaan keluargaku, sering buat biasanya langsung habis jadi tidak perlu menggunakan kapur sirih

    ReplyDelete
  12. saya juga pernah mencobanya dua kali, dan gak garing.
    tapi waktu itu saya gak jemur dulu sih..
    kayaknya perlu dicoba lagi..
    salam kenal, kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicoba
      semoga berhasil ya
      salam kenal juga
      terima kasih

      Delete
  13. Pasti rasanya kriuk banget, apalagi jika ditemani secangkir kopi!

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas banget pak, ngopi sambil ngemil tempe goreng garing nikmat

      Delete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu