Sunday, January 22, 2017

8 Tips Mendidik Sang Buah Hati

26 comments
8 Tips Mendidik Sang Buah hati

Sungguh anak adalah anugerah terindah untuk mereka yang sudah berkeluarga. Adalah hak anak mendapatkan perhatian, kasih sayang dan pendidikan. Sebagai orang tua tentu akan sangat bersyukur mendapatkan buah hati yang tumbuh sehat dan cerdas. Orang tua juga pasti menyadari bahwa anak adalah amanah yang menjadi tanggung jawab penuh bagi orang tua untuk memberikan perlindungan. Rasa syukur dan kebahagiaan sebagai orang tua bisa diwujudkan dengan berbagai cara,
demi masa depan sang buah hati.
Berikan pendidikan dan perhatian sesuai dengan usianya.

Berikut ini semoga bisa menjadi referensi bagi para orang tua dalam mendidik sang buah hati. 8 tips mendidik sang buah hati :

1. Waktu

Orang tua sangat sibuk demi mencukupi semua kebutuhan anak secara materi, tapi jangan abaikan hal yang satu ini, yaitu waktu.
Anak juga berhak mendapatkan cinta sesibuk apapun orang tua dalam menjalani rutinitas.
Luangkan waktu khusus untuk anak. Tinggalkan semua pekerjaan. Ambil waktu ini untuk mendengarkan cerita sang buah hati. Jadikan waktu ini benar-benar berkwalitas, jangan sampai terganggu dengan aktifitas lain. Tentu orang tua rela melakukannya, meninggalkan sejenak untuk tidak bermain gawai sekalipun.

2. Unik

Sadarilah bahwa setiap anak punya keunikan masing-masing. Tak bijak bila orang tua
membandingkan anak satu dengan yang lainnya. Meskipun membandingkan masih dalam lingkungan keluarga sekalipun.
Setiap anak mempunyai karakter dan kecerdasan yang tidak sama. Mungkin saja ada anak yang cerdas secara akademik, tapi tidak mudah bergaul dengan sesama temannya. Ada pula yang pandai di bidang seni, tapi tidak menyukai olah raga. Mungkin ada anak yang sangat peka dan penyayang.

3. Motivasi

Orang tua hendaknya mampu memotivasi anak, agar percaya diri, cerdas dan kreatif. Ada waktu yang sangat efektif melakukan hal ini, yaitu sebelum tidur. Bisikan kata-kata yang dapat membangkitkan semangat anak. Gunakan saat ini untuk menunjukkan kasih sayang orang tua kepada anak. Tanyakan apa saja yang bisa merangsang kecerdasannya. Pada kesempatan ini juga bisa dilakukan orang tua untuk meminta maaf dan memujinya. Karena bisikan sebelum tidur akan terekam dalam memori ingatannya. Biasakan berdoa bersama buah hati sebelum tidur dan ucapkan salam kepadanya.

4. Hindari pertengkaran

Bertengkar di depan sang buah hati adalah peristiwa buruk yang tidak boleh terjadi. Usahakan sebisa mungkin pertengkaran jangan sampai terlihat oleh anak, karena pertengkaran orang tua terutama sekali akan membuat anak menjadi stress bahkan bisa mengganggu kesehatan serta akan menimbulkan kesedihan yang cukup lama bagi anak. Pertengkaran bisa memicu anak berwatak kasar dan tidak perduli.

5. Hadiah

Kontak fisik bisa menjadi hadiah dalam lingkungan keluarga. Ucapan juga bisa dijadikan sebagai hadiah untuk menunjukkan rasa cinta pada sang buah hati. Boleh juga memberikan hadiah dalam bentuk benda sesuai dengan kemampuan, yang paling penting intinya untuk menunjukkan rasa cinta dan perhatian pada sang buah hati.

6. Mengajak

Orang tua tentu sangat ingin anaknya untuk bisa mengerjakan sesuatu, musalnya saja membaca, belajar, mengerjakan shalat dll. Kalimat ajakan sangat efektif dari kalimat perintah. Kalimat, "ayo kita shalat" ini adalah ajakan atau mengajak bukan memerintah. Kalimat mengajak lebih cenderung memotivasi anak untuk mengerjakkannya dengan senang hati. Sedangkan kalimat perintah akan
membebani anak bahkan ada kecendrungan sang buah hati merasa terpaksa untuk melakukannya.

8 tips memdidik sang buah hati



7. Contoh


Orang tua harus berhati-hati dalam bersikap. Karena anak mempunyai sifat meniru dengan apa yang dia lihat. Kata-kata kasar dan tingkah laku orang terdekat sangat berpengaruh besar untuk tumbuh kembang anak.

8. Salam

Membiasakan mengucapkan salam pada sang buah hati. Karena salam tidak hanya sekedar salam. Ada doa dalam ucapan salam. Ucapkan salam saat bangun tidur, akan tidur, saat akan berangkat ke sekolah dan kembali ke rumah, berangkat ke tempat kerja dan pulang dari tempat kerja.

Nah semoga bisa menjadi acuan dalam hal mendidik anak, 8 tips mendidik sang buah hati.



If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

26 comments:

  1. Keren, bisa buat pelajaran sebelum nantinya mendidik anak sendiri..he

    ReplyDelete
  2. semoga pasangan hidupku nanti tahu kiat-kiat cara mendidik sang buah hati.

    heem senang ya kalau dapat istri yg tahu dan mengerti cara mendidik anak/sang buah hati seperti ulasan 8 Tips Mendidik Sang Buah Hati yang ada di atas, hehe

    ReplyDelete
  3. Postnya menarik May...yaa bisa aku coba nih..walau terkadang alamin juga ngurus anak sampai seharian..terus kerjaan banyak yang terbengkalai..tapi demi buah hati noproblem lha..ok thanks May infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya karena masa anak-anak tidak akan terulang lagi, menyediakan moment manis bersama anak adalah wujud rasa syukur pak

      Delete
  4. Yuhuuu.... Terima kasih ya atas tips nya cara mendidik anak. Semoga saja nanti aku bisa mempraktekkan ke 8 point di atas. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama adalah kebahagiaan bila bisa saling berbagi untuk hal yang membawa kebaikan

      Delete
  5. Wow, terima kasih, mbak, ini saya save dulu nanti jika waktunya tiba saya akan gunakan. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama sist yang cantik, semoga bisa digunakan bila saat dibutuhkan nanti
      hehe ...

      Delete
  6. Anak itu mencontoh orang tua. Kalo pengen anak jadi baik, ya kita harus berkelakuan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memberi contoh yang baik adalah kewajiban bagi para orang tua pada anak-anak, ini termasuk salah satu cara efektif dalam mendidik anak

      Delete
  7. Sy sering bertengkar dengan anak saya nih, makasih ini sangat membantu saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok sama-sama
      semoga ada manfaatnya
      salam

      Delete
  8. yang paling utama kita harus bisa memberikan nasehat yang baik dan contoh yang baik, jangan sampai hanya memberi nasehat namun tak memberikan contohnya ya mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nasehat membuat anak merasa digurui, tapi bila dipadukan nasehat dengan contoh ini kolaborasi yang sangat baik

      Delete
  9. Kadang nggak nyadar kalo setiap jiwa itu unik. kayak anak ya Mbak, ada keunikan yg kita nggak bisa maksa apalagi mengharuskan. Makasih tipsnya mbak, aku deg banget bacanya, kadang maksa ke anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya betul mbak, dengan cara memahami karakter anak, cara yang cukup efektif untuk tidak memaksa anak

      Delete
  10. bermanfaat sekali tips-nya mbak terutama buat saya yg baru jadi emak-emak punya balita

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga saja
      ya selamat ya untuk kehadiran sang buah hatinya, adalah anugerah terindah dalam keluarga hadirnya buah hati dan adalah kebahagiaan mendidik anak dengan baik

      Delete
  11. Keren, aku bookmarks dlu mba. nanti kalo udah punya anak, saya aku baca lagi hehe

    ReplyDelete
  12. Orang tuA HARUS BISA NGASIH KASIH SAYANG YA NG BAIK KEPADA ANAKNYA.

    ReplyDelete
  13. Untuk yang satu ini, jangan dianggap remeh dan harus lebih extra hati-hati.
    Sedikit saja kita salah maka perilaku kita akan ditiru

    ReplyDelete
  14. bisa nih diterapkan kalu udah punya anak :D

    ReplyDelete
  15. mendidik anak tidak ada sekolahannya ya, tapi mendidik anak butuh ilmu

    ReplyDelete
  16. HIndari pertengkaran kadang yang lupa, biasanya karena lagi cape, terimakasih tips mendidik sang buah hati, semoga bermanfaat bagi para orang tua

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu