Monday, January 23, 2017

5 Tips Agar Anak Gemar Membaca

25 comments
5 Tips Agar Anak Gemar Membaca 

Perintah membaca adalah wahyu pertama yang turun lewat surat Al Alaq. Karena itulah yang menjadi alasan utama saya mendidik anak saya agar gemar membaca, alasan lain mengapa harus gemar membaca yaitu, untuk mendapat informasi dan menambah pengetahuan sesuai usianya.

Orang tua harus punya cara agar anak gemar membaca. Mendekatkan anak dengan buku menjadi tugas dan kewajiban orang tua. Akan sangat efektif bila orang tua bekerja sama dengan guru mendekatkan anak-anak dengan buku-buku sebagai bahan bacaan yang bermutu dan ada unsur yang mendidik. Mendekatkan anak dengan buku bacaan dari usia dini membantu anak gemar membaca dan memiliki kecerdasan logika, kreatifitas, menambah kemampuan bahasa dan kemampuan imajenasi yang lebih baik. Ini akan sangat berbeda bagi anak yang tidak suka membaca.

Mungkin kiat-kiat atau tips berikut ini bisa menjadi rujukan buat para orang tua agar anak-anak gemar membaca.

5 Tips agar anak gemar membaca : 

1. Ke toko buku

Buatlah jadwal rutin untuk ke toko buku, sesuaikan dengan waktu anak dan waktu orang tua, misalnya saja satu minggu sekali atau dua minggu sekali *tidak sempat sebulan sekali hehehe .... Bisa juga sebagai ajang liburan loh. Percaya deh buah hati anda pasti menunggu-nunggu saat berkunjung ke toko buku.

5 Tips agar anak gemar membaca


2. Cerita bergambar

Buku bergambar akan menarik perhatian buah hati anda. Buku yang penuh gambar dengan warna-warna tentu akan sangat diminati oleh anak. Mereka akan mencari tahu nama-nama gambar dari teks yang tertera pada gambar. Semakin banyak buku bergambar yang menyertakan teks-teks, secara tidak disadari melatih anak untuk membaca dan memancing anak untuk membaca.

*Post yang lalu :

3. Mencontohkan

Orang tua yang gemar membaca dan anak sering melihat orang tuanya melakukan aktifitas membaca akan ditiru oleh anaknya.
Ajaklah ananda membaca bersama-sama, meskipun anak belum lancar membaca.
Gunakan waktu lima belas menit untuk membaca pada setiap harinya.
Maka anak-anak akan terbiasa untuk membaca.

4. Mendongeng

Anakku paling senang mendengarkan dongeng. Agak kesulitan bila mendongeng tanpa membaca, akhirnya aku mendongeng dengan membaca hehehe ... Justru jurus ini memancing anak untuk membaca ternyata. Nah sekarang dia sudah pandai membaca dan alhamdulillah dia gemar membaca.

5. Sediakan buku bacaan anak

Sediakan buku bacaan anak.
Nah ini jurus mak-mak banget nih! Kalau beli buku cerita terus bisa kebobolan juga nih dompet. Demi menyediakan buku bacaan untuk anak, biasanya aku tukar pinjam dengan teman. Oh iya anakku juga sudah bisa mengajak temannya untuk tukar pinjam buku cerita.

Nah bagamana bunda? Mengajak anak gemar membaca tidak sulitkan? Boleh tambahkan bila bunda
punya tips lainnya agar anak gemar membaca. Sekian dulu dari saya 5 tips agar anak gemar membaca.

5 Tips Agar Anak gemar membaca












If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

25 comments:

  1. Ada anak yang mulanya tidak begitu tertarik dengan buku, namun orangtuanya tidak banyak cakap istilahnya, hanya sering membawanya ke toko buku begitu saja, eee lama-lama itu anak sukaaaa banget sama buku :)

    ReplyDelete
  2. itu bisa saja terjadi, anak bisa mengenal buku karena sering berkunjung ke toko buku
    ada ketertarikan pada si anak dengan buku

    ReplyDelete
  3. Sering mengajaknya keperpustakaan merupakan ide terbaik untuk merangsang minat membacanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya betul, karena di perpustakaan ada banyak buku bacaan, bila sudah dan sering dikenalkan pada buku sejak dini anak akan menyukai buku dan rasa ingin tahunya pada buku

      Delete
  4. tips agar agar anak jadi suka membaca adalah ilmu yang wajib para orang tua ketahui agar anak-anaknya kelak jadi pandai, sebab membaca itu kata tetangga saya mah jendela dunia gituh masa...ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena perintah membaca ada dlm agama Islam dan dengan membaca bisa mendpt info dan menambah ilmu pengetahuan

      Delete
  5. hemm, begitu ya caranya, simpen dulu ah

    ReplyDelete
  6. Poin nomor 2 paling ampuh buat menarik perhatian anak" sebab ane juga pernah jadi anak-anak dan lebih tertarik ama buku yg bergambar apalagi berwarna

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, sekarang lebih banyak lagi buku bacaan anak yang menyertakan gambar dengan warna-warni yang sangat di sukai anak-anak

      Delete
  7. Membawa anak untuk membaca itu sangat bagus dan wajib bagi orang tua, karena membaca merupakan salah satu kegiatan yang harus diajarkan pada anak mulai dari dini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kegiatan membaca sangat membantu tumbuh kembang anak, ayo mengenalkan buku bacaan sejak dini pada anak

      Delete
  8. Berhubung desa tempat tinggalkan berada di pelosok yang jauh dari toko buku dan perpustakaan, sepertinya aku harus membelikan beberapa buku bacaan nih. Supaya bisa membaca bersama-sama. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. demi sang buah hati mas Djaka, membeli buku sebagai bahan bacaan anak adalah salah satu bentuk kasih sayang dan perhatian pada anak

      Delete
  9. Karena desaku nggak ada tokbuk, aku ngajakna pas ada pameran2 buku Mbak. Dan selalu sedia buku di rumah, berantakan yobiarin gitu heheh. Biar semangat mereka muncul

    ReplyDelete
    Replies
    1. ibu cerdas akan tahu yang harus dilakukan demi sang buah hati timbuh cerdas dan pintar, jempol deh untuk mu

      Delete
  10. Manfaat sekali ini tulisanya mba may, memang si kecil juga perlu memperkenalkan huruf-huruf agar nanti masuk ke sekolah bisa mengenalnya dan bisa membacanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih
      ya memperkenalkan aksara lewat gambar dan warna tentu sangat menyenangkan bagi si kecil

      Delete
  11. kayanya buku bergambar lebih efektif deh, bikin anak gak bosen baca juga hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya memang anak-anak menyukai hal yang indah, gambar dan warna warni lebih efektif untuk merangsang minat bacanya

      Delete
  12. tipsnya patut dicoba ya mbak :)

    ReplyDelete
  13. Siip, tipsnya memang pernah dipraktekkan dan memang ada hasilnya, tinggal kesabaran dan kontinyu yang tidak boleh kendur...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya memang butuh kesabaran untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan usahakan tetap dalam kondisi yang menyenangkan

      Delete
  14. Karena membaca itu adalah jendela dunia, maka menanamkan anak agar gemar membaca sejak dini itu adalah langkah terbaik yang harus dilakukan oleh setiap orang tua...,

    ronda malam sambil ngopi mumpung jaringannya enggak error.., hehe

    ReplyDelete
  15. Kalau anak saya gemar membaca tapi pas lagi buka youtube he...

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu