Friday, December 23, 2016

6 Alasan umum Orang Tidak Memberi Bantuan

7 comments
Pada dasarnya manusia itu saling membutuhkan. Manusia butuh teman untuk bersenda, manusia butuh orang lain untuk meringankan beban pekerjaannya, bahkan butuh teman untuk sekedar meringankan sedikit beban pikirannya.

Memang benar ada Allah tempat mencurahkan segala keresahan hati, gundah, gelisah, sedih. Allah tak akan pernah bosan dan lelah mendengarkan keluhan para mahkluk ciptaannya. Bahkan Allah menyediakan waktu-waktu utama yang bisa digunakan oleh hambanya.

Lalu mengapa seseorang tidak lagi ingin membantu? Ada alasannya tentunya, 6 alasan umum orang tidak memberi bantuan 

1. Sibuk

Bisa saja karena sedang sibuk, hingga ia tidak bisa membantu sebagaimana biasa. Jadi sebaiknya tetap berpikir positif, bukan tidak mau membatu, tapi karena sibuk tak sempat membantu.

2. Lelah

Karena sedang lelah, jadi seseorang kadang memang tidak bisa mengulurkan bantuannya. Sabarlah, berikan waktu padanya untuk beristirahat, karena memaksanya untuk membantu melakukan pekerjaan biasanya hasilnya tidak maksimal.

3. Bosan

Nah! Ini bisa jadi karena terlalu sering kita meminta bantuannya, orang merasa bosan, terlebih lagi yang dibantu tidak ada respon yang menyenangkan.

4. Imbal jasa yang tidak sesuai

Mungkin ini perlu dibicarakan dari awal, sebelum kita meminta bantuan seseorang. Meski hubungan teman, famili, kita bisa lihat latar belakangnya, kalau memang sebagai mata pencahariannya tak ada salahnya kita tanyakan, atau cari tahu berapa imbal jasa yang biasanya diberlakukan.

5. Merasa tidak pernah dibantu

Mungkin ini alasan yang cukup ekstrim. Merasa tidak pernah mendapat bantuan, kemudian ia tidak ingin membantu. Tapi ini memang ada terjadi,  saya pernah dengar kata-kata begini: "lah dia saja tidak pernah membantuku, jadi aku malas untuk membantunya!"
Jadi jangan hanya ingin dibantu, tapi ulurkan juga bantuan kita pada orang lain. Dengan demikian kita akan mudah mendapatkan bantuan dari orang lain.

6. Sedang sakit

Kalau sedang sakit sudah tentu tidak bisa membantu, bahkan sebaliknya yang sedang sakit mendapat bantuan, membesuknya, paling tidak memberikan doa agar kesehatannya cepat pulih.

Hanya ini yang bisa saya bagikan pada kesempatan ini, tulisan sederhana 6 alasan umum
orang tidak memberi bantuan sebagai catatan pribadi, semoga ada manfaat bagi yang membaca. Bila ingin menambahkan boleh dikolom komentar dan saya ucapkan terimakasih tambahannya.
Mohon maaf bila ada salah dalam penulisan kata, saya akhiri wabillahitaufik walhidayah, wassallamu allaikum warrahmatullahiwabarrakatuh.






If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

7 comments:

  1. Bisa jadi, dari sekian banyak alasan semuanya masuk akal. Dan harus dilihat situasinya pula.

    ReplyDelete
  2. hemm, kadang kondisi kita juga yang membuat kita tidak bisa membantu mereka juga mbak.

    ReplyDelete
  3. Aku sering nih, nemuin kasus gini. Temenku sendiri sebel sama temennya karena temennya nggak mau bantu dia. Meski udah aku jelasin kemungkinan seperti di atas tp dia tetap bersikeras dengan pendapatnya.

    Padahal kalau memang sebagai teman baik haruslah kita ngebantu dengan ikhlas ya kan. Tanpa mengharap timbal balik, karena aku yakin kalau memang dia temen baik kita, tanpa kita minta pun dia mau bantu saat kita kesusahan. Kalau nggak ya, tinggalin aja temen kaya gitu.

    ReplyDelete
  4. sangat masuk akal jika kemudian orang tidak memberi, selain mungkin bisa jadi karena emang pas lagi bokek juga

    ReplyDelete
  5. Hal yang masuk akal, tapi bagi saya membantu pasti saya lakukan meski sesibuk apapun asal orang yang minta bantuan sabar menunggu. Tapi sayangnya banyak yang telah dibantu melupakan. Meski dilupakan saya netral dan enjoy saja.

    ReplyDelete
  6. Rasa ingin membantu selalu ada. hanya actionnya kadang nggak sesuai harapan. Setuju banget dengan 6 point di atas Mbak. Tapi apapun, diusahakan bisa karena kitapun suatu saat butuh orang lain

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu