Wednesday, November 30, 2016

Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN)

12 comments


Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN)

Mengapa pohon sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dan semua makhluk hidup di bumi.


Ada sebuah kata bijak yang sangat baik untuk dijadikan bahan renungan bagi kita semua. Bisa dibayangkan bagaimana jika pepatah ini dijalankan oleh setiap orang di dunia. Begini bunyinya :

Bila engkau berpikir untuk satu tahun ke depan maka tanamlah sebiji benih. Bila engkau berpikir untuk sepuluh tahun ke depan maka tanamlah sebatang pohon.

Kalimat bijak di atas merupakan pepatah Cina yang sudah ada sejak 500 tahun sebelum Masehi. Di masa yang lalu ternyata orang sudah sangat menyadari arti penting dari sebuah pohon. Hal ini bisa dibilang ironis, karena pada masa itu, jumlah pohon yang menutupi permukaan bumi relatif lebih banyak dari sekarang. Pada saat itupun pembangunan yang menyebabkan polusi masih belum setinggi saat ini.
Tapi, keberadaan sebatang pohon sudah disadari betul manfaatnya, tercermin dari kata-kata bijak di atas.

Jika saja pepatah Cina itu kita terapkan dari dulu hingga sekarang. Mungkin tidak ada Global Warming yang melanda dunia.

Sebatang pohon begitu penting artinya, sampai-sampai dipandang sebagai "bekal" yang cukup untuk hidup sepuluh tahun, karena sebatang pohon mampu memberikan banyak manfaat.

Sejak dahulu pohon adalah penyedia naungan, makanan, dan kayu bakar bagi manusia. Di masa ini yang bentuk kehidupannya lebih kompleks, peran pohon pun juga bertambah.

Alasan mengapa pohon sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia :

1. Mengurangi efek rumah kaca.

Efek rumah kaca disebabkan oleh polutan gas karbon dioksida (CO2) yang lepas ke udara dan terakumulasi dan menumpuk di lapisan atmosfer. Pohon adalah “pelahap” CO2 yang rakus. Maka, jika tidak ada pohon bisa dibayangkan kemana gas polutan itu tertumpuk dan menimbulkan masalah baru.

2. Pohon meningkatkan kwalitas air

Pepohonan yang ditanam di sekitar rumah akan memberikan arti positif yang langsung dirasakan seperti meningkatkan kualitas air tanah. Pepohonan mengurangi aliran permukaan (run-off), karena akarnya menyerap air yang jatuh ke tanah. Lebih banyak air yang terserap ke dalam tanah artinya lebih banyak kesempatan untuk memperbaiki kualitas dan kuantitas air tanah. Hal ini juga mengurangi tercemarnya air tanah oleh bahan kimia yang ada di permukaan tanah.

3. Pembersih udara

Pepohonan membersihkan udara yang kita hirup. Partikel debu, CO, SO2, dan polutan-polutan lain akan diserap oleh tanaman sehingga kita bisa menghirup udara yang lebih baik kualitasnya. Udara
yang segar adalah udara yang telah tersaring sehingga kita mendapatkan udara yang sehat dan aman.

4. Mengatasi udara panas

Udara yang kering dan panas bisa diatasi dengan menanam pohon. Pepohonan akan menambah kelembapan atmosfer dan pada akhirnya bisa mengurangi konsumsi air (misalnya untuk menyiram tanaman).

5. Mencegah erosi

Mengurangi erosi tanah khususnya di lahan miring. Ketika hujan turun, akar pohon akan menyerap air. Jika tak ada yang menyerap, air yang mengalir di permukaan akan membawa serta lapisan tanah, khususnya lapisan atas tanah yang subur.

6. Menyejukan dan mendinginkan

Jika diperhitungkan secara keseluruhan, pepohonan yang tumbuh di suatu kota secara pasti bisa “mendinginkan dan menyejukkan” kota tersebut. Lihatlah kota-kota yang memiliki pulau panas (heat island) yang suhunya 5—9 derajat lebih tinggi dari daerah sub urban. Dan setiap tahun, kota cenderung melakukan ekspansi ke daerah sub urban. Dengan demikian pulau panas yang tercipta lama kelamaan makin besar dan melebar. Pepohonan khususnya yang bertajuk besar mampu mendinginkan kota melalui bayangan tajuknya dan proses evapotransipasi yang melepaskan uap air
ke udara.


7. Mencegah pendangkalan

Pepohonan rindang yang ditanam di dekat badan air mencegah pendangkalan dan penyempitan badan air.

8. Asri dan sejuk

Kondisi perkotaan yang terlihat kumuh dan gersang bisa diperbaiki dengan menanam pepohonan hijau dan membuat taman kota yang asri dan sejuk.

9. Mengurangi efek stres

Pohon-pohon yang hijau dan rindang dapat menghilangkan dan mengurangi efek stres penduduk di sekitarnya, maupun orang-orang yang hanya sekadar lewat atau bersinggah untuk sementara. Atau di saat setelah lelah bekerja seharian, tentunya sangat nyaman jika sesampainya di rumah kita disambut oleh hijaunya taman yang asri.

10. Menyediakan lingkungan sejuk

Kondisi bumi yang makin panas, rupanya juga berpengaruh pada temperamen orang yang semakin keras dan brutal. Hal ini utamanya terjadi di daerah perkotaan yang memang lebih sedikit memiliki area berpohon dan tanaman hijau. Pepohonan bisa menyediakan lingkungan yang lebih sejuk, nyaman dan rileks. Kondisi ini secara psikologis akan membantu “mendinginkan” temperamen dan karakter manusia perkotaan yang khas.


11. Mengurangi polusi

Kegiatan penanaman pohon dan semak-semak akan secara signifikan mengurangi polusi suara, khususnya untuk rumah-rumah yang terletak di tepi jalan raya yang sibuk. Dampaknya bisa langsung kita rasakan.

12. Mengundang angin

Pepohonan yang ditanam di sekitar kita juga berpotensi menghasilkan angin sepoi-sepoi dari gesekan dedaunan yang memberikan efek nyaman bagi penghuni rumah.Hal ini sangat menyejukkan bagi siapa yang berada dekat darinya.

13. Mengurangi silau

Bayangan tajuk pohon di pinggir-pinggir jalan bisa mengurangi efek silau dari jalan dan lapangan parkir juga dapat membuat suasana menjadi lebih sejuk dan segar.

14. Menjaga kesuburan tanah


Daun-daun yang kering dari pohon yang berguguran ketika melapuk dan membusuk akan membentuk lapisan humus yang menyuburkan tanah dan meningkatkan kualitas media tanam bagi tanaman lainnya. Humus-humus itu berfungsi seperti kompos buatan. Yang secara langsung tidak dapat menyuburkan tanah itu sendiri.

15. Warisan yang berharga


Satu hal penting bahwa dengan memaksimalkan gerakan menanam pohon, berarti Kita mewariskan sesuatu yang berarti bagi anak cucu Kita. Sungguh warisan yang sangat beraharga. Lebih berharga
lagi apabila mewariskan pula tradisi menanam pohon secara turun-temurun.


Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada aksi Penanaman Pohon Serentak dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanan Pohon (BMP) di Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, seperti dikutip dari laman Setkab, Senin (28/11/2016)

"Sebenarnya saat kita menanam pohon itu berarti sedang menanam doa, menanam harapan, menanam kerja kita semuanya untuk keberlanjutan hidup generasi yang akan datang" (Presiden Jokowi)

"Kita semua sudah melihat sendiri apa akibatnya bila kita tidak merawat alam. Main asal tebang pohon, akhirnya bencana seperti banjir yang datang dan akan menyusahkan kita menyusahkan rakyat" (Presiden Jokowi)

"Ini tugas kita semuanya merawat dan menjaga pohon" (Presiden Jokowi)

Sumber : <a href = https://m.facebook.com/GreenWarriorPages/?__tn__=%7E>Green Warrior</a>


If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

12 comments:

  1. Keberadaan sebuah pohon memang banyak sekali manfaatnya bagi lingkungan.

    Alhamdulillah, pada Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional, 28/11/2016, Kota kelahiranku,Tuban, menjadi tempat menanam pohon yg masuk Guiness Book of Record dan masuk rekor dunia.

    ReplyDelete
  2. Salah satu bukti nyata komitmen Indonesia mengendalikan iklim global dan mengatasi kerusakan lingkungan.

    Indonesia Raih The Guinness Book of World Records, Selamat untuk kota Tuban, memecahkan rekor dunia menanam 238.000 pohon.

    ReplyDelete
  3. Pohon juga termasuk dalam siklus air, penguapan dari tumbuhan (transpirasi) berpengaruh pada pembentukan awan.

    ReplyDelete
  4. Sekarang jarang dijumpai pinggiran jalan penuh dengan yg ijo2. Sumpek nafasnya deh. Dengan hari menanam pohon ini semoga Indonesia makin hijau dan lingkungan sejuk ya Mbak.

    Jujur aku baru tahu ada hari menanam pohon lho Mbak :) tengkyu infonya ya

    ReplyDelete
  5. Pas ini musim hujan bertepatan dengan musim tanam

    ReplyDelete
  6. pepatah cina di atas memeng pernah saya dengar.

    pohon itu keberadaanya mutlak sangat dibutuhkan, salah satunya untuk menyeimbangkan kehidupan makluk hidup.

    hewan butuh pohon. manusia butuh pohon.

    intinya keberadaan pohon sangat dibutuhkan.

    ReplyDelete
  7. mantaff mbaaa..haruss ituu..untuk mencegahh terjadinya bencanaa mbaaa...

    salam blogger

    ReplyDelete
  8. menanam pohon dan menjaga keasrian lingkungan menjadi tugas semua orang

    ayo menanam pohon

    ReplyDelete
  9. dari 15 poin program HMPI yg diadakan pemerintah ini, semoga bisa mengembalikan nama slogan Tuban Akbar yang dulu lagi..

    AKBAR = Aman, Kreatif, Bersih, Asri, dan Rapi.

    ReplyDelete
  10. Manfaat pohon bukan cuma yang disebutkan diatas saja. Masih ada seribu satu lagi manfaat pohon.

    ReplyDelete
  11. menanam pohon sebaiknya menjadi budaya yang tetap dipelihara setiap penghuni bumi demi kebaikan bersama

    ReplyDelete
  12. Mari menanam pohon!! Hutan di Indonesia udah banyak yang bolong...karena pohonnya ditebangin. Kasian hewan-hewannya gak punya rumah :(

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu