Monday, November 28, 2016

Cara Atasi Nyeri pada Saat Haidh

7 comments

Cara atasi nyeri pada saat haidh

Nyeri saat datang bulan atau haidh sangat menyiksa. Nyeri pada saat haidh atau dismenore bisa disebabkan karena kegemukan, terlalu kurus, sedang tidak fit, bisa juga karena stres.

Bila nyeri yang berlebihan bisa menjadi tanda dari masalah seperti endometriosis atau infeksi rahim. Konsultasikan dengan dokter jika merasa sakit luar biasa bahkan sampai terjadi muntah, perdarahan yang berlebihan dan demam.

Yang dimaksud dalam artikel ini hanya untuk rasa sakit yang terjadi pada umumnya saja, seperti kram, kembung, dan ketidakstabilan suasana hati. 

Cara atasi nyeri pada saat haidh atau datang bulan dengan cara ini :

1.  Membiasakan konsumsi sayuran hijau

Kalsium dan magnesium yang terkandung dalam sayuran hijau membantu mengendurkan otot-otot hingga mengurangi kram dan rasa kembung.
Sayuran hijau pada umumnya mengandung Folic Acid yang mampu menghilangkan segala bentuk kegelisahan, Stress dan sindrom panik. Kandungan asam folat pada sayuran hijau dapat membantu menghilangkan stress dan mampu menghilangkan rasa bad mood karena banyaknya masalah.


2. Jauhi Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji cenderung lebih asin atau bahkan terlalu manis, dan hal itu bisa memperburuk rasa kembung. Sementara gula serta lemak jenuh dalam makanan cepat saji bakalan meningkatkan kadar estrogen, yang memicu gejala PMS (Pre-Menstrual Syndrom) adalah sindrom yang dialami perempuan sebelum haid atau menstruasi.

Penuhi kebutuhan karbohidrat tubuh dengan makanan yang kaya serat untuk meningkatkan pencernaan lebih baik.

3. Konsumsi Pepaya

Buah khas negara tropis ini bisa dinikmati saat sarapan atau sekedar cemilan di siang hari. Pepaya kaya akan karoten dan vitamin A, C, serta enzim papain yang membantu melancarkan aliran selama menstruasi.

4. Menambahkan Kayu Manis pada masakan atau minuman

Kayu Manis atau cinnamon merupakan sumber mangan, dan akan membantu mengurangi kram serta melancarkan pencernaan.

Kayu manis mengandung serat, kalsium, zat besi, dan mangan meskipun dalam jumlah yang kecil untuk dosis khas bubuk kayu manis.

Kayu manis mengandung zat kimia alami yang disebut cinnamaldehyde, yang menurut penelitian meningkatkan hormon progesteron dan menurunkan produksi testosteron pada wanita, sehingga membantu menyeimbangkan hormon yang mempengaruhi kesuburan.


5. Memanfaat Sinar matahari di pagi hari

Untuk yang super sibuk tentu sulit untuk mengatur waktu kapan bisa berjemur di bawah sinar matahari pagi. Vitamin D3 dari sinar matahari bagus untuk mengurangi kram agar tak semakin parah.

Sempatkanlah waktu berjemur di pagi hari, atau sebagai pilihan terakhir adalah mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin D.

6. Biasakan minum air putih yang cukup

Inilah obat mujarab yang paling mudah didapat saat mengalami nyeri menstruasi. Hindari minum minuman beralkohol agar tak memperparah kram. Usahakan minumlah air hangat untuk meningkatkan aliran darah ke kulit serta membantu merileksasikan otot.

Selamat mencoba!
Semoga sehat selalu!
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

7 comments:

  1. Salam sehat. :)

    Tipsnya akan saya coba terapkan, terkadang saya mengalami sakit kepala, bukan perut, mbak. Apa kira-kira tips di atas bisa mengurangi?

    ReplyDelete
  2. saya bantu jawabnya sebelum adminnya muncul, menurut saya bisa mbak Lisa

    ReplyDelete
  3. Aku penggemar sayur dan buah dari dulu. Alhamdulillah, kalo haidh nyeri normal nggak sampai kesakitan

    ReplyDelete
  4. minum kiranti aja,, hehehehe
    tpi banyak efek sampingnya, lebih baik mengikuci cara diatas., :)

    ReplyDelete
  5. Untung aku gak bisa mens, hehe

    ReplyDelete
  6. Jujur sih aku nggak pernah ngerasain nyeri sewaktu datang bulan, mungkin karena aku sendiri suka makan sayur, banyak minum dan mengawali kegiatan di pagi hari.

    ReplyDelete
  7. makanan cepat saji sulit dihindari terlebih lagi sedang dalam perjalanan

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu