Wednesday, October 19, 2016

7 Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Menjaga Kulit Agar Tetap Sehat, Bersih dan Awet Muda

Leave a Comment


7 Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Menjaga Kulit Agar Tetap Sehat, Bersih dan Awet Muda



Kulit sehat, bersih dan awet muda adalah idaman setiap orang, terutama para wanita. 

Sebagian orang rela melakukan apa saja untuk mendapatkan ini.
Sebenarnya ada cara yang mudah dan murah untuk mendapatkan hal ini, tentu saja dengan usaha dan kesabaran semua orang bisa melakukannya.


Hem .... Tertarik untuk mencoba?


Apa saja 7 hal yang harus diperhatikan dalam menjaga kulit agar tetap sehat, bersih dan awet muda. Kita baca uraian sederhana ala Maya di bawah ini yuk :


1. Pilihlah produk kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit kita

Kenali jenis kulit kita sebelum memutuskan menggunakan produk kosmetik. Misalnya saja produk kosmetik jenis bedak.


* Untuk yang memiliki kulit wajah normal atau berminyak, bedak tabur yang ringan adalah pilihan yang tepat. Karena pada umumnya pada kulit berminyak dengan menggunakan bedak tabur tidak akan membuat wajah terlihat belang.


* Sedangkan untuk kulit yang cenderung kering bisa memilih bedak padat dan ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Dan jangan sampai menggunakan kosmetik yang dapat memicu timbulnya komedo atau komedogenik.


2. Biasakanlah untuk selalu membersihkan wajah sebelum tidur


Memakai atau menggunakan make-up setiap hari sah-sah saja asal sesuai kebutuhan dan kegunaannya.
Namun tentu saja pemakaian make-up secara rutin dapat memberikan dampak tidak baik bagi kulit. 

Terutama jika sisa make up di wajah tidak dibersihkan dengan benar. Karena sisa make-up akan menyerap masuk dan menyumbat lubang pori-pori serta memicu munculnya bakteri di permukaan kulit.

Oleh karena itu membersihkan wajah sebelum tidur di malam hari merupakan kewajiban, terutama sekali setelah memakai atau menggunakan make up seharian di wajah.

Jadi wajib membersihkan wajah dari sisa kosmetik dan kotoran. Gunakan sabun yang lembut secara teratur untuk mengurangi kolonisasi bakteri P. acnes di permukaan kulit.


3. Kurangilah makanan berlemak


• Mengurangi makanan berlemak ini 
untuk meminimalisir munculnya jerawat yang diakibat karena produksi minyak berlebih dan sumbatan di saluran kelenjar minyak. Ini akan memicu timbulnya jerawat.


4. Kurangi konsumsi makanan yang 
terlalu asin dan manis


Garam dan gula memang dibutuhkan oleh tubuh kita. Terutama garam yang mengandung iodium tapi bila berlebihan akan berefek buruk pada kesehatan tubuh dan kesehatan kulit kita.

* Mengurangi makanan asin dan manis, jika dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk pada kecantikan kulit.
Karena makanan asin dan manis akan membuat tubuh kita kesulitan menyerap air. Ini akan membuat tubuh selalu merasa haus.
Dan efek buruknya pada kulit yaitu kulit akan meradang dan kering.
Nah bila ini terus-menerus berlangsung kulit akan mengalami berbagai masalah seperti kulit kering, kusam, berminyak, munculnya jerawat dan komedo.
Bahkan bisa menyebabkan dehidrasi pada kulit yang lebih parah adalah kulit akan mengalami keriput dan mengalami tanda-tanda penuaan.


5. Istirahat yang cukup.


Tidur lebih awal dan bangunlah lebih pagi. Membiasakan tidur lebih awal, karena dengan terlambat tidur atau begadang akan memicu peningkatan berat badan, kulit kusam berminyak, dan mata panda.

Sedangkan dengan tidur lebih awal, kita bisa bangun lebih pagi dan udara pagi sangat baik untuk kesehatan kulit. Dan memberi kesegaran pada tubuh kita


6. Mengkonsumsi buah dan sayuran
Membiasakan untuk mengkonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan secara rutin yang banyak mengandung vitamin-vitamin yang sangat dibutuhkan oleh kulit.
Misalnya saja :


* Wortel



Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak nutrisi seperti Vitamin A, Vitamin C dan Potasium yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Bisa mengkonsumsinya sebagai jus wortel sebanyak 2 sampai 3 gelas dalam setiap harinya untuk memenuhi asupan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh kulit.


* Alpukat


Alpukat mengandung lemak sehat yang dapat bermanfaat untuk tetap menjaga kelembapan kulit. Bisa mengkonsumsi alpukat secara langsung atau dapat menjadikannya sebagai jus aplukat sebanyak 2 sampai 3 gelas dalam setiap harinya. Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, alpukat juga berkhasiat untuk tetap melembabkan kulit terutama bagi yang memiliki jenis kulit cenderung kering.
Buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C lainnya, seperti jeruk, pepaya dan tomat sangat berkhasiat untuk mencerahkan wajah secara alami.


* Sayuran berdaun hijau


Sayuran berwarna hijau lainya, merupakan sumber vitamin, mineral, fitonutrien dan antioksidan yang baik. Asupan sayuran berdaun hijau secara rutin sangat bermanfaat untuk kulit.
Makan dengan diet seimbang tidak hanya membuat sehat tetapi juga menarik dan cantik. Makanan tertentu membantu meningkatkan sirkulasi darah dan produksi kolagen yang membuat Anda awet muda dan tetap cantik.


* Jenis kacang-kacangan.
Misalnya saja kacang merah dan kacang polong. Kacang merah dan kacang polong selain mengandung serat yang tinggi juga banyak mengandung nutrisi seperti vitamin B, protein, zat besi dan folat ini sangat baik sekali untuk memenuhi kebutuhan kulit tubuh kita.


7. Gunakan sunscream


Ini cream tabir surya untuk kulit wajah bisa didapatkan di toko kosmetik. Bisa menjadi pelindung bagi kulit kita. Ada baiknya gunakan pelindung lainnya saat sedang di luar ruangan, seperti payung atau topi. Ini bisa melidungi kulit dari paparan sinar matahari.



Matahari dalam jumlah tertentu memang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya guna membentuk Vitamin D yang berfungsi untuk metabolisme kalsium, namun dalam jumlah berlebihan dapat menimbulkan perubahan warna kulit menjadi gelap, timbulnya flek pada kulit bagian luar (epidermis), kemerahan karena sunburn bahkan sampai kanker kulit.


Nah cukup sekian uraian tentang 7 hal yang harus diperhatikan dalam menjaga kulit agar tetap sehat, bersih dan awet muda semoga bisa bermanfaat dan membantu bagi mereka yang membutuhkan.


Salam hangat dari Maya
Mohon maaf bila ada khilaf kata dalam penulisan.


Wassalam

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu