Tuesday, October 18, 2016

12 Cara Berhenti Merokok, Jangan Tunda Keputusan Berhenti Merokok, Hidup Berkwalitas Tanpa Rokok

Leave a Comment
12 Cara Berhenti Merokok, Jangan Tunda Keputusan Berhenti Merokok, Hidup Berkwalitas Tanpa Rokok



Sebatang rokok mengandung lebih dari 4000 bahan kimia yang rata-rata banyak di antaranya mengandung racun dan menyebabkan kanker. Wow! Mengerikan....


Menghisap rokok secara terus-menerus sama saja seperti meracuni tubuh dan ini sudah tentu berdampak buruk bagi kesehatan tubuh si perokok dimasa yang akan datang


Apakah ingin berhenti merokok?


Harus yakin bahwa keinginan berhenti merokok pasti bisa dan hidup sehat tanpa rokok pasti bisa bagi setiap yang menginginkan untuk berhenti merokok.


Ok Berhenti Merokok! Apa sih manfaatnya? Dan apa ruginya bila tidak merokok?


Dengan berhenti merokok akan banyak manfaat yang bisa didapat, percayalah. Sedangkan kerugiannya tidak ada karena berhenti menghisap tembakau yang digulung dan sumber penyakit itu.


Berhenti merokok dan awet muda.


Ah yang benar? Bisa dong, karena saat menghisap tembakau atau rokok bisa mengurangi asupan oksigen ke kulit sehingga membuat kulit kita terlihat tua. Nah kalau tidak merokok, kulit akan mendapat lebih banyak oksigen dan ini mencegah penuaan dini dan munculnya keriput.


Berhenti merokok dapat terhindar dari stres. Nggak percaya?


Ubah pola pikir yang salah selama ini. Anggapan merokok bisa mengatasi stres berkat kandungan nikotin.

Namun sebenarnya yang sedang terjadi adalah itu gejala putus obat dari nikotin dan merokok terasa menenangkan. Padahal ini hanya efek sementara. Nikotin bukanlah obat untuk meredakan stres. Malah menurut penelitian tingkat stres orang yang berhenti merokok akan menurun ketimbang saat mereka masih merokok.


Nah ini tak kalah penting! Meningkatkan kesuburan.


Lapisan rahim dan kualitas sperma akan membaik setelah berhenti merokok. Ini kesempatan untuk memiliki anak lebih tinggi ketimbang saat masih merokok.


Performa seks akan lebih baik.


Dahsyat sekalikan bila tidak merokok. Dengan berhenti merokok, aliran darah akan menjadi lebih lancar dan memberi efek baik. Kualitas seks pun akan lebih baik. Para pria akan mengalami ereksi yang lebih baik, sementara pada wanita akan lebih mudah terangsang dan mengalami orgasme.


Senyuman terlihat lebih menawan.


Gigi perokok akan terlihat kuning tidak cemerlang dan bernoda ketika masih merokok. Namun setelah berhenti merokok gigi akan terlihat lebih putih bagai mutiara dan bau napas pun akan lebih segar, dibandingkan masih menghisap nikotin.


Terhindar dari penyakit mematikan.


Banyak sekali penyakit yang mengerikan dari perokok, terkena kanker paru-paru, stroke, serangan jantung, kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker bibir dan kanker lidah. Yakin dan percayalah dengan memutuskan berhenti merokok maka resiko terkena penyakit yang menyeramkan ini akan menurun.


Ini pasti idaman setiap orang, keluarga yang sehat.


Keluarga adalah hal terpentingkan? Keluarga tercinta akan sehat karena terbebas dari bahaya asap rokok. Lihatlah anggota keluarga yang tidak merokok, mereka harus rela dan menghisap rokok karena asap rokok yang berterbangan disekitarnya. Mereka harus rela menjadi perokok pasip yang lebih berbahaya dari perokok aktif. Sungguh tega meracuni keluarga sendiri tanpa disadari oleh anggota keluarga yang merokok.


Mengurangi pengeluaran


Dengan memutuskan berhenti merokok, bukan hanya mendapatkan dampak baik bagi kesehatan, tapi berhenti merokok juga bisa menghemat pengeluaran loh! Kita coba hitung ya, misalnya : sehari menghabiskan sebungkus rokok dengan harga Rp. 13.000, maka 13. 000 x 30 = 390. 000 ini biaya untuk rokok dalam satu bulan, ini kalau satu bungkus sehari, kalau lebih? Waw lumayan juga ya...
Kalau satu tahun? Hahaha.

Menurutku saat sudah berniat untuk berhenti merokok, maka lakukanlah yakinkan dirimu bahwa kamu pasti bisa!


Berhenti merokok itu susah!


Emang berhenti merokok itu tidak mudah, apalagi bagi yang sudah bertahun-tahun terbiasa tiada hari tanpa merokok. Hanya dengan keinginan dan memiliki tekad yang kuatlah, maka lumpuhlah kata mustahil.

Hilangkan mitos salah yang beredar, "berhenti merokok bisa membuat stres, gemuk, bukan lelaki sejati, tidak gaul dan tidak modern."


Yakinkan pendirian bahwa berhenti merokok untuk menjadikan hidup sehat dan lebih baik lagi.

12  cara berhenti merokok


1. Fokuskan pada manfaat yang akan didapat saat berhenti merokok.

2. Yakinkan bahwa berhenti merokok dapat menghindarkan orang-orang yang tercinta dari penyakit akibat menjadi perokok pasif

3. Siapkan mental, karena sudah pasti ada hambatannya, itu hal yang biasa terjadi dan jangan jadikan alasan untuk menggagalkan keputusan berhenti merokok.

4. Utarakan niat berhenti merokok pada orang terdekat.
Mintalah dukungan pada pasangan, orang tua, anak-anak atau anggota keluarga, sahabat. Orang yang peduli pada kesehatan kita, mereka ini akan mendukung niatmu untuk berhenti merokok.

5. Mengajak teman untuk berhenti merokok
Tidak mungkin? Mungkin saja, karena selain anda pasti ada yang lain yang ingin terbebas dari merokok. Dengan cara ini bisa bersama-sama saling mendukung untuk berhenti merokok.

6. Mintalah saran dari medis.
Konsultasikan keinginan untuk berhenti merokok kepada dokter. Kadang memang dibutuhkan menjalani pengobatan medis. Langkah medis ini biasanya untuk terapi pengganti nikotin (NRT).

7. Olahraga ringan untuk mengalihkan keinginan
Dengan aktif bergerak bisa mengalihkan serta mengurangi keinginan untuk merokok dan membuat badan menjadi sehat. Pilih olahraga ringan yang tidak membutuhkan persiapan khusus.

8. Lakukan aktifitas positif
Mengerjakan pekerjaan rumah tangga yang mungkin bisa dilakukan, seperti menyapu, mengepel lantai, atau menyirami tanaman, bila sedang di rumah. Bila hasrat merokok muncul di kantor, dapat dialihkan dengan beranjak dari kursi lalu berjalan-jalan ke luar ruangan, naik-turun tangga, atau olahraga ringan seperti lari di tempat.

9. Kunyah sesuatu
Bila hasrat ingin merokok datang, cobalah mengunyah sesuatu, misalnya permen karet.

10. Hindari semua pemicu.
Katakan pada teman-teman bahwa kamu tidak merokok. Dengan cara ini kamu akan merasa malu saat kamu memulai merokok kembali.

11. Malu dengan tidak teguh pendirian.
Katakan tidak pada rokok. Saat memutuskan untuk berhenti merokok, cobalah untuk konsekwen dan disiplinlah. Malu pada keputusan yang plinplan dan tidak teguh pada pendirian.

12. Jangan tunda keputusan untuk berhenti merokok.
Jadikan hidup lebih berkualitas dengan tanpa rokok. Berhenti merokok mulai lakukan dari sekarang. Lakukanlah! Semoga berhasil!

Nah! Tunggu apalagi, Jangan Tunda Keputusan Berhenti Merokok, Hidup Berkwalitas Tanpa Rokok

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih untuk kehadirannya di blog Maya salam hangat dan persahabatan selalu