Wednesday, July 19, 2017

Sesuatu yang Akan Selalu Aku Rindukan

39 comments



Sesuatu yang akan selalu aku rindukan


Ada sesuatu yang akan selalu aku rindukan darimu. Ketika kau tak lagi bersamaku maka sesuatu itu menghilang dariku dan saat itulah aku akan selalu merindukannya.

Tak bisa dipungkiri lagi begitu lama sudah kita bersama-sama. Banyak cerita yang kita bagi. Ada cerita duka ada pula cerita suka yang menemani kita saat kita melewati waktu menanti senja hadir menjeda sejenak cerita kita.

Ketika gulita menghampiri, kita terangi dengan canda, masih jelas dalam indera pendengaran ini tawamu melenaku dalam heningnya gulita saat itu. Mungkin saat itu tak pernah terlintas dalam alam pikir kita ada saatnya kita harus mengakhiri canda dengan amarah yang menyakitkan.

Sesuatu yang akan selalu aku rindukan sejak kau menjauh dariku walau mungkin semua itu tak berarti menurutmu biarlah ku urai di sini. Ku harap kau temukan tulisan sederhanaku ini mewakili perasaan kehilanganku hiks .... (*didramatisir biar kerasa tragis gitu hehe .... )

1. Candamu

Setiap waktu kau sempatkan hadir menyapaku lewat canda jahilmu. Yang sengaja kau untai untuk mengundang tawa dan senyumku. Kadang jengkelku muncul, tapi kau tahu meredakan kekesalanku itu sesuatu yang akan selalu aku rindukan.

2. Rayuanmu

Kau sangat pandai merayu, rayuanmu yang berkwalitas sangat jauh dari kata murahan itu sangat menyentuhku dan merasa dihormati sebagai seorang perempuan. Kau begitu paham cara menghormati dan menghargai nilai-nilai kesantunan bagaimana mungkin aku tidak merindukan hal ini.

3. Nasehatmu

Kerap dalam canda dan rayuanmu kau selipkan nasehat yang sangat mengena dihati dan terasa indah di telinga ini. Banyak sudah nasehat indah yang kau berikan akan selalu ku ingat dan tetap menjadi sesuatu yang akan selalu aku rindukan. Percayalah sekuat dan semampuku nasehat terbaikmu akan aku lakukan. Tolong doa untukku ya, agar aku bisa menjadi seperti yang engkau inginkan, meskipun kita tidak mungkin untuk bersama.

4. Marahmu

Kau tahu? Saat engkau marah aku begitu takut, tapi dibalik itu semua aku merasa bahagia karena marahmu bukan tanpa alasan. Ya, aku tahu engkau ingin agar aku menjadi lebih baik aku sangat paham hal itu, tapi kini tak ada lagi yang akan memarahiku saat aku berbuat salah atau menjadi pengendaliku saat aku salah melangkah. Aku akan ingat hal-hal yang akan membuatmu marah dan aku tak akan mengulanginya untuk kebaikanku dan untukkmu yang selalu akan aku rindukan.

5. Tawamu

Bagaimana mungkin aku bisa melupakan tawa manjamu yang kerap hadir menghiasi hari-hariku. Begitu indahnya hari yang kita lewati bersama, kita tertawa bersama, bercerita tentang banyak hal yang sudah tak mungkin lagi kita lakukan karena kita sudah tidak lagi untuk bersama mengurai cerita. Namun, tawamu dan suaramu tetap akan terngiang indah di telingaku ini.

Masih banyak hal yang akan selalu aku rindukan darimu. Biarlah semua menjadi kekal dalam ingatan karena takdir kebersamaan kita telah sampai saatnya untuk diakhiri. Lewat tulisan sederhana ini kusampaikan permohonan maaf dari lubuk hati yang paling dalam. Andai kita memang sudah tak mungkin untuk menyapa biarlah kita saling mendoakan untuk menjaga hubungan baik yang sempat terbina selama ini.
Namun andai kau ingin tetap menyambung talisilaturahmi tentu itu yang aku inginkan dan kau tahu bagaimana cara menghubungi ataupun menemukanku.
Aku tak akan lari dari kenyataan bahwa aku akan selalu merindukanmu dan ada sesuatu yang akan selalu aku rindukan.

Cie ..., yang tersenyum baca post ini. Siapa aku? Siapa dia? Hehe ... Bukan siapa-siapa. Ini cuma tulisan saja tidak khusus untuk siapa-siapa. Yang pasti begitulah setelah tiada baru terasa begitu judul lagunya. Lagu siapa ya lupa? Ada yang tahu?
Hehe ... Komen dong! Komentar adalah cara membakar semangatku hehe ....

Terima kasih sudah hadir menemaniku dalam suka dan dukaku. Dan terima kasih sudah sering menjadi inspirasi dari tulisan-tulisanku. Maafkan aku sebenarnya sangat ingin menyebut namamu dalam tulisan ini, tapi aku tahu kau tak akan memberi izin, entahlah hanya engkau yang tahu alasannya hiks .... Kau adalah sesuatu yang akan selalu kurindukan.

Read More

Sunday, July 16, 2017

Suka Duka Sumbang Tulisan untuk Blog Teman

43 comments



Suka Duka Sumbang Tulisan untuk Blog Teman


Hai!
Apakhabar sahabat mayaku? Harapan Maya semua dalam keadaan baik. Sungguh banyak nikmat Allah yang tercurah pada kita semua sebagai makhluk ciptaannya. Karena banyaknya hingga bila kita mengambil seluruh air lautan sebagai tintanya tak akan cukup untuk menuliskan semua nikmat Allah kepada kita semua.

Ada nikmat sehat yang sering kita lupa mensyukurinya. Ada nikmat silaturahmi yang sering pula kita abaikan manfaatnya. Ada nikmat zikir yang sering kita tak sempat melakukkannya. Astaghfirullah ....

Maya flasback ke masa mulai mengenal dunia blog dulu ya.

Maya pernah tulis kalau Maya memulainya dari blogspot di tahun 2014 tapi tidak begitu eksis menulis hanya asal punya blog saja.

Kemudian tahun 2015 Maya dikenalkan oleh seorang teman maya dengan blog ponsel mywapblog. Maya sempat menulis beberapa cerita dan puisi di blog teman yang mengenalkan Maya pada blog ponsel tersebut, rasanya senang banget. Beliau dengan senang hati membuat link yang menuju ke akun fb Maya pada setiap tulisan Maya terbit di blognya. Maya sih tidak pernah memintanya, tapi dia yang secara sukarela melakukannya. Dan sekarang tulisan-tulisan Maya di blognya juga karam bersama ditutupnya mywapblog.

Dan alhamdulillah sampai sekarang kami tetap berteman di facebook dan beliau memilih tidak melanjutkan untuk eksis di blog karena kesibukannya di dunia nyata yang sangat menyita waktunya (*itu katanya loh hehe ....)

Dan sekarang ada juga teman yang mau secara sukarela menerbitkan tulisan Maya di blognya. (*Tapi karena sebelumnya memang beliau memintanya loh, jadi bukan Maya yang memaksa minta diterbitkan ya hehe ....) Yah secara perasaan sih ada suka dan dukanya sumbang tulisan untuk blog teman. Oh ya karena menyangkut masalah privasi mohon untuk tidak menanyakan siapa orangnya dan blognya ya ... Biarlah hanya Tuhan, dia dan Maya yang tahu ok hehe ...

Apa sih suka dukanya sumbang tulisan untuk blog teman, mau tahu aja apa mau tahu banget nih?
Hehe ... Kalau mau tahu perasaan Maya baca deh!

1. Perasaan suka atau senangnya sumbang tulisan untuk blog teman

Sebelumnya Maya mohon maaf buat yang merasa ya ...
Tenang Maya tak akan menyebutkan nama dan blogmu dalam tulisan ini, percayalah Maya tulus kok berbagi.

Ok lanjut ya ....

* Maya makin pede menulis, karena tulisan Maya bisa terbit di blog orang lain selain blog Maya.

* Ternyata tulisan Maya mampu mengundang pengomentar-pengomentar pemilik blog besar lainnya.

* Maya menjadi termotivasi untuk selalu memberikan tulisan yang lebih baik dan original.

* Maya belajar ikhlas saat nama penulisnya sama sekali tak disinggung dalam tulisan dan ikhlas karena yang mengedit lebih memilih nama pemilik blog lain sebagai pemeran utama dalam tulisan asli seorang Maya.

* Maya bisa menjadi bagian dari blog orang lain walaupun hanya Maya dan pemilik blog yang tahu bahwa tulisan itu original milik Maya.

* Maya merasa bahagia karena bisa berbagi walau sekedar tulisan sederhana.

2. Perasaan duka atau sedih sumbang tulisan untuk blog teman

Sebelumnya Maya sampaikan rasa sedih Maya ini bukan karena tidak ikhlas jadi mohon dimaklumi. Bukankah Allah juga ciptakan perasaan-perasaan itu selalu ada pengimbangnya. Misalnya rasa senang pengimbangnya rasa sedih. Jadi pahamilah bukan karena tidak ikhlas ya ... Malahan ada doa terindah buat kamu yang sering Maya rapalkan khusus untukmu, ok! Salam damai ya ...

Lanjut ya ....

* Sedih karena hasil karya Maya harus diakui sebagai hasil karya orang lain, tanpa mampu berbuat apa-apa.

* Sedih karena tokoh utama dari tulisan original Maya harus diambil dari nama pemilik blog lain. Kalau boleh Maya kasih masukkan coba pakailah tokoh yang tidak mengkhusus pemilik blog. Itu secara etikanya menurut Maya sih hehe ... Yah kalau keberatan menuliskan nama Maya pemilik blog jejakmayaku.com di hasil editan tulisan Maya, maaf ya santai ajalah kita tetap teman kok!

* Sedih dicuekin, ya iyalah siapa yang tidak sedih kalau dicuekin. Menurut Maya secara etika kita itu perlu berbasa-basi pada penulis aslinya, nggk usah panjang lebarlah cukup bilang "tulisanmu sudah terbit di blogku" atau "tulisanmu sudah saya daur ulang tanpa merubah maksud yang ingin disampaikan dan sudah saya terbitkan di blog saya." Atau gunakan kalimat lain yang lebih kamu sukai. Maya sih sudah merasa dihargai dengan kalimat itu. Intinya tidak usah ucapan terima kasih pun tak apa, apalagi secara materi. Sudah lebih dari cukup.

Sekali lagi Maya menerbitkan tulisan ini tidak bermaksud membuat jurang permusuhan dengan teman yang sudah terbina baik selama ini. Tulisan ini jujur lahir sebagai pencerah hati seorang Maya. Tiada yang lebih membahagiakan dalam hidup ini bila kita bisa berbuat, berbagi dan bermanfaat bagi sesama.

Dan tulisan yang Maya beri judul suka duka sumbang tulisan untuk blog teman juga lahir bukan karena tidak ikhlas berbagi, sekali lagi Maya sampaikan Maya tulus dan ikhlas lahir batin juga Maya berharap apa-apa yang Maya share baik di blog jelmayatiasa. blogspot.co.id atau jejakmayaku.com bisa bermanfaat bagi sesama.

Salam damai selalu sahabatku. Maya bukanlah manusia super yang tak luput dari salah mohon maafkan Maya untuk setiap kesalahan. Semoga kebahagiaan, kesehatan dan kesuksesan selalu menyertaimu sahabat mayaku dimanapun berada.

Wassallam.

Read More

Wednesday, July 12, 2017

Tertawa adalah Anugerah

22 comments

Tertawa adalah anugerah maka tetawalah sebelum tertawa itu di larang.

Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang "tertawa adalah augerah dan hak setiap individu jadi jelaslah tak ada yang bisa melarang seseorang untuk tertawa."

Dengan tertawa seseorang sedang menikmati karunia dari Allah, karena tertawa adalah anugerah dari Allah Subhanahuwata'alla, bukankah ada dalam Al-Qur'an surat An Najm ayat 43 yang artinya :

"Dan bahwasanya Dialah (Allah) yang menjadikan orang tertawa dan menangis." (QS. An Najm: 43)

Jadi Islam tidak melarang seseorang untuk tertawa bahkan dengan tertawa ada manfaatnya yaitu :

• Merupakan sedekah.

Dengan tertawa seseorang bersedekah pada sekitarnya memberikan aura kebahagiaan dan keceriaan.

• Memberi kesan berseri dan optimis.

Ada kesan memberikan keyakinan yang baik serta kebahagian juga harapan yang baik.

• Penawar bagi rohani

Tertawa dapat menjadi obat atau penawar bagi jiwa dan ketenangan bagi sanubari yang lelah setelah berusaha dan bekerja (Syaikh A-idh al-Qarni).

• Tanda kemurahan hati

Tertawa juga bisa menjadi bahasa isyarat bagi suatu temperamen yang mantap, tanda bagi murninya suatu tujuan (Syaikh A-idh al-Qarni).

• Menunjukkan kebahagiaan.

Tertawa sebagai ungkapan kebahagiaan dan keceriaan bahkan rasa syukur yang terpancar dari wajah.

Bahkan Rasulullah juga dari Ka’ab bin Malik radiallahu 'anhu mengatakan :
”Rasulullah apabila (ada sesuatu yang membuatnya) senang (maka) wajah beliau akan bersinar seolah-olah wajah beliau sepenggal rembulan.“ (HR Al-Bukhari kitab al-Maghaazi bab Hadiits Ka’ab bin Malik (no. 4418), al-Fat-h (VIII/142))

Tertawa adalah anugerah, lalu mungkinkah atau kapan tertawa itu dilarang? Tentu saja ada saat-saat dimana seseorang harus bisa menyadarinya kapan, dimana dan mengapa dia menahan tawanya.

Antara lain ada beberapa ketentuan atau adab yang memungkinkan seseorang menahan tawanya, yaitu :

1. Jangan tertawa berlebihan

Tertawa yang berlebihan atau disebut juga dengan terlalu banyak tertawa membuat hati menjadi mati.

Rasulullah shalallahuallaihi wassallam bersabda dalam hadist riwayat At-Tirmizi yang artinya:
"Berhati-hatilah dengan banyak tertawa sebab ia menyebabkan hati menjadi mati." (HR. At-Tirmizi)

Tertawa itu tentu saja dibolehkan apabila tidak berlebihan dalam tertawa terlebih lagi bila tertawa tanpa ada sebab yang jelas atau pantas untuk tertawa.

2. Jangan tertawa terbahak-bahak.

Janganlah tertawa sampai terbahak-bahak apalagi sampai menarik perhatian dan mengundang tanya orang sekitar kita. Tertawalah biasa saja, yang sewajar saja atau tersenyum yang tulus dan manis itu lebih baik dari pada tertawa sampai terbahak-bahak alias ngakak bahasa lainnya. Hingga suara tawa membahana keluar ruangan atau rumah. Karena tertawa terbahak-bahak bagi sebagian orang menganggap sebagai simbol dari kebodohan.

Sayyidina Ali radiallahu 'anhu berkata :
"Barang siapa yang tertawa terbahak-bahak, apabila ia seorang yang pandai maka ia telah memuntahkan sebagian ilmunya dan jika ia seorang yang bodoh maka ia telah bertambahlah kebodohannya."

3. Dilarang menertawakan agama

Sangat dilarang menertawakan kebenaran agama, sebagaimana Allah telah berfirman dalam Al-Qur'an Surat Az-Zukruf 47 tentang menertawakan kebenaran agama yang artinya :
"Maka tatkala dia datang kepada mereka dengan membawa mukjizat- mukjizat Kami dengan serta merta mereka menertawakannya." (QS. Az-Zukhruf: 47)

4. Jangan menjadikan keburukan orang lain untuk bahan candaan dengan maksud membuat orang tertawa

Sungguh tidak dibenarkan berbohong untuk membuat orang lain tertawa apalagi dengan cara membuat lelucon atau menjadikan lelucon dari keburukan orang lain, saudara atau teman.

Rasulullah telah bersabda yang artinya :
"Celakalah orang yang berbicara padahal ia berbohong, hanya sekadar untuk membuat orang-orang lain tertawa. Celakalah dia dan celakalah dia."

5. Jangan menertawakan orang lain apalagi ahli ibadah

Menertawakan orang lain atau tertawa dengan maksud mengejek atau menyakiti hati orang lain adalah sangat dilarang.

"Lalu kamu menjadikan mereka buah ejekan, sehingga (kesibukan) kamu mengejek mereka, menjadikan kamu lupa mengingat Aku, dan adalah kamu selalu menertawakan mereka." (QS. Al- Mu'minun: 110)

6. Jangan tertawa di tempat yang tak umum

Jangan tertawa di tempat-tempat yang umumnya tidak pantas jika kita tertawa didalamnya, seperti di dalam majelis dzikir, majelis taklim, rumah sakit, saat takziah rumah duka dll.

7. Jangan tertawa saat makan

Hendaknya tertawa dilakukan pada waktu yang sesuai. Jangan tertawa saat sedang shalat karena dapat membatalkan shalat. Jangan tertawa saat sedang makan dikhawatirkan nanti bisa tersedak. Jangan tertawa saat sedang melayat bisa saja orang beranggapan tidak ikut peduli dengan kesedihan orang lain. Jangan tertawa saat sedang dinasehati orang tua bisa-bisa mengundang kemarahan nantinya. Pada dasarnya tertawalah pada waktu yang sewajarnya untuk tertawa.

8. Janganlah menertawakan dosa

Orang yang telah melakukan dosa sehahurnya bukan tertawa tapi harusnya bertobat menyesali dosa ysng dia perbuat. Sungguh celaka orang yang menettawakan dosa yang dia perbuat.

Ibn Abbas berkata :
"Barangsiapa menjalani dosa sementara ia tertawa maka masuklah ia didalam neraka dengan menangis".

9. Jangan terlalu banyak tertawa

Jangan terlalu banyak tertawa hingga kita lalai akan akhirat. Sebenarnya banyak tetawa sangat tidak baik akan tetapi banyaklah menangis karena takut kepada Allah subhanahuwata'alla. Air mata yang keluar karena takut kepada Allah adalah lebih baik daripada air mata yang keluar karena banyak tertawa. Lihatlah betapa orang yang banyak tertawa sampai kadang mengeluarkan air mata na'uzubillahimin zaliq.

"Maka hendaklah mereka sedikit tertawa dan banyak menangis, sebagai pembalasan dari apa yang selalu mereka kerjakan." (QS. At-Taubah: 82)

Nabi SAW bersabda :
"Andaikan kalian mengetahui apa yang aku ketahui niscaya kalian banyak mengangis dan sedikit tertawa"

10. Jangan tertawa tanpa ada sebab.

Tertawa tanpa sebab sungguh suatu keanehan. Bisa-bisa orang lain beranggapan sudah tidak waras atau bisa-bisa disangka gila nanti.

Rasulullah dan para sahabat juga pernah bergurau loh ...

Ada gurauan ala Rasulullah yang pernah Maya baca, mau tahu? Atau mungkin sudah pernah membacanya ?

Suatu hari Rasulullah sedang bersama sayidina Ali radiallahu 'anhu sedang memakan kacang bersama-sama.

Sayidina Ali melihat tumpulan kulit kacangnya lebih banyak dari tumpukan kulit kacang yang dihadapan Rasulullah. Dengan maksud bercanda Sayidina Ali memindahkan kulit kacangnya didepan Rasulullah, tentu saja Rasulullah mengetahui kalau Sayidina Ali sedang ingin bercanda dan sekilas tersenyum melihat ulah sahabatnya ini.

Tak lama berselang para sahabat yang lain datang. Tak lupa para sahabat mengucapkan salam. Lalu melihat tumpukan kulit kacang dihadapan Rasulullah sangat banyak.

Kemudian para sahabat bertanya, "ya Rasulullah banyak sekali kacang yang dimakan hingga kulitnya menumpuk begitu banyak.

"Apakah engkau sangat lapar ya Rasulullah?" Tanya sahabat yang lain.

Lalu Rasulullah menjawab, "Aku memang banyak memakan kacang, tapi tidak dengan kulitnya, sedangkan Ali memakan kacang tanpa menyisakan kulitnya, coba lihatlah tiada satupun kulit kacang yang tersisa." Tampak Rasulullah tersenyum.

Para sahabat tersenyum melihat Ali tersipu.

Nah inilah sahabatku Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang karena tertawa adalah anugerah dan berguraulah sewajarnya bukan untuk mengejek, menghina atau menyakiti sesama. Semoga ada manfaatnya bagi pembaca. Mohon maaf untuk salah dan khilaf dalam penulisan dan kepada Allah Maya pengurus blog jejakmayaku.com mohon

Read More

Saturday, July 8, 2017

Syair Malamku

36 comments

*** Gerimis Malam Ini ***


Gerimis malam ini
Temani aku mengukir mimpi
Dalam buai rinainya
Melenaku menembus gulita

Gerimis malam ini
Terjagaku disepertiga malam Mu
Dalam buai rinainya
Kucumbui gulita dengan syair malamku

Gerimis malam ini
Tersudutku menggapai cinta Mu
Dalam buainya
Menghiba menanti belas kasih Mu

Gerimis malam ini
Ku urai seluruh jelaga hati
Dalam buainya
Kuharap pada Mu hapuskan untukku

Ku bersujud dan tersungkur
Menghiba
Menangis
Menyesali
Mengharap
Keridhaan Mu ya Illahi robbii ....

###


*** Ingin Tentukan Arah Tujuan ***


Langkah semakin jauh
Tak tentu arah
Terombang ambing bagai bahtera oleng

Terdiam sejenak dipersimpangan
Ingin tentukan arah tujuan
Sadar diri tak ingin melaju
Dalam hitam
Dalam kelam

Terdiam sejenak dipersimpangan
Merenungi
Menyesali
Menangisi
Walau terlambat biarlah ku atur kembali
Langkah mana yang akan ku titi

Setitik pelita di ujung jalan
Menuntunku kembali pada-Mu
Ingin ku bergegas menggapai-Mu
Diantara gerimis malam ini membasuh jelaga yang merangkulku
Aku tak perduli bising cakap mencibir
Hanya Engkau yang aku tuju

###


Syair Malamku


Telah kurangkum syair malamku
Dan kuurai pada-Mu
Engkau yang Maha mendengar
Andai tak pantas aku mengadu pada-Mu
Pada siapa lagi aku berserah diri

Gerimis malam ini
Bagai membasuh seluruh jelaga hatiku
Kubiarkan dingin mengulitiku
Karena tak satupun yang luput dari-Mu
Biarku tersungkur dihadapan-Mu
Mengurai resahku
Betapa aku rindu cinta-Mu ya Robb ....

Terburai sudah syair malamku
Karena Engkaulah penjaga rahasia hatiku
Meski semua telah Engkau catat untukku
Namun, inilah pengakuanku
Tak mungkin kututupi
Tak mungkin ku sembunyi

Aku takut akan murka-Mu
Aku takut akan siksa-Mu
Walau aku tak pantas nirwana milik-Mu
Namun aku tak akan sanggup menanggung perih siksa-Mu
Selagi nafas ini berhembus
Aku akan terus bermohon pada-Mu
Bersihkan aku dari belenggu dosa
Lindungi aku dari perihnya Azab-Mu

###


*** Saat Mulut ini Terkunci ***


Ya Robb ....
Ampuni mata ini
Kerap menatap maksiat duniawi
Bahkan sengaja menikmati
Sungguh diri menzhalimi diri sendiri

Ya Robb ....
Ampuni telinga ini
Kerap mendengar maksiat duniawi
Bahkan sengaja menikmati
Tega diri menzhalimi diri sendiri

Ya Robb ....
Ampuni kaki ini
Kerap melangkah mendatangi
Selamatkan hamba di akhirat nanti

Ya Robb ....
Ampuni tangan ini
Mungkin banyak yang tersakiti
Bahkan sulit untuk memberi
Mohon hamba ini di rahmati

Ya Robb ...
Ampuni lisan ini
Banyak janji tak terpenuhi
Bahkan mungkin melahirkan caci maki
Hamba mohon terampuni

Ya Robb ....
Ampuni hati ini
Terselip iri dengki
Buruk sangka kadang tak terhindari
Sungguh Engkau Yang Maha Suci
Ampuni kami telah menzhalimi diri sendiri

Ya Robb ....
Akan datang hari pengadilan nanti
Jangan biarkan anggota tubuh ini
Menjadi musuh diri
Saat mulut ini terkunci
Karena kelak ia akan menjadi saksi
Hamba mohon belas kasihanilah kami

Read More

Monday, July 3, 2017

Tekwan itu Apa Sih?

42 comments

Tekwan itu Apa sih?

Tekwan adalah khas makanan dari daerah Palembang. Kuliner yang bernama tekwan ini berbahan daging ikan dan tepung kanji. Yang dibuat menjadi bulatan kecil-kecil. Cara menikmatinya yaitu disiram dengan kuah yang dibuat dari kaldu udang dengan potongan bengkoang yang diiris memanjang sepanjang lidi korek api, serta ada tambahan jamur kuping, taburan bawang goreng, irisan daun seledri juga taburan emping atau kerupuk ikan dan akan lebih nikmat bila dimakan selagi hangat sambil ngobrol sama teman, itu sebabnya kuliner ini diberi nama "tekwan" hehe ....

Tekwan itu apa sih?

Menurut cerita ibunda arti dari kata "Tekwan" adalah singkatan dari kata "berkotek samo kawan" yang dalam bahasa Indonesianya "ngobrol dengan teman" benar atau tidaknya ya itu yang sering dikatakan orang-orang terdahulu.

Apalah arti sebuah nama yang pasti tekwan adalah nama makanan khas Palembang selain dari empek-empek, lakso, model, martabak telok pokoknya banyak banget kuliner yang khas dari Palembang. Rata-rata berbahan ikan karena Palembang juga terkenal dengan Sungai Musi-nya yang kaya akan hasil ikannya.

Nah buat sahabatku yang sempat bertanya-tanya "tekwan itu apa sih? Jadi nggk penasaran atau bingung lagi ya kenapa disebut dengan tekwan.

Nah supaya lebih jelas dan mendapat jawaban dari pertanyaan tekwan itu apa sih? Maya akan berbagi resep cara membuat tekwan. Tenang sahabatku cara buatnya gampang banget kok. Buat yang nggk mau ribet membuat tekwan bisa beli yang sudah jadi ya. Atau bisa juga beli tekwan yang kering biasanya di jual di toko oleh-oleh khas makanan Palembang sudah lengkap dikemas dengan bumbunya juga. Tapi beda rasa dengan buatan sendiri tentunya.

Buat menjawab pertanyaan tekwan itu apa sih? Yuk simak resep tekwan ala Maya ....

Bahan-bahan :

Daging ikan tanpa tulang lk 500 grm (biasanya Maya pakai ikan tenggiri) digiling halus, biar praktis digiling ditukang giling daging di pasar kalau tidak ada alatnya.

Tepung kanji lk 150 gram (Maya pakai sagu tani, di toko bahan kue banyak)

Telur 1-2 butir

Garam dan lada secukupnya

3-5 siung bawang putih cincang halus

satu ruas jari jahe di memarkan

300-500 grm udang dikerat bagian punggungnya dan buang kulitnya (kulitnya bisa dibersihkan lalu direbus untuk mendapatkan air kaldu udang sebelum kulit udang dibuang)

250 grm bengkoang potong memanjang kira-kira sepanjang lidi korek api

5-10 lembar jamur kuping (jamur kuping kering direndam dulu sebelum dimasak) sobek-sobek

20-25 lembar sedap malam (direndam dulu ya)

Soun secukupnya

cuka botol bila suka dan gula putih secukupnya

Daun seledri, bawang goreng dan timun dicincang kasar untuk taburan

Cara membuatnya :

1. Campurkan ikan dan tepung kanji, telur, garam dan lada. Aduk rata kemudian bentuk bulat agak pipih kira-kira sebesar ibu jari, lakukan hingga adonan habis.

2. Didihkan air dalam panci, kemudian rebus bulatan-bulatan tadi hingga matang atau mengapung dan sisihkan.

3. Sekarang kita buat kuahnya ya... Tumis bawang putih cincang dan jahe hingga harum. Masukkan udang masak hingga berubah warna.

4. Tuangkan air (akan lebih nikmat lagi bila menggunakan air kaldu, yang dibuat dari rebusan kulit udang tadi) tunggu hingga mendidih.

5. Kemudian masukkan cuka, gula, garam dan lada bubuk.

6. Jangan lupa ya, masukkan pula bulatan-bulatan tekwan tadi, bengkuang, jamur kuping, sedap malam masak hingga matang dan mati kompornya.

7. Untuk penyajiannya .... Letakkan dalam mangkuk saji soun yang sudah direndam tambahkan tekwan serta kuahnya, taburi irisan daun seledri dan bawang goreng. Tekwan siap di santap. Tambah kecap saat menikmatinya juga boleh dan ada juga yang menambahkan cuka empek-empek, wah seru deh pokoknya hehe ....

Oh ya jangan lupa ajak kawan-kawan untuk menikmatinya, sesuai dengan namanya kan? Tekwan itu apa sih? Berkotek samo kawan hehe ....
Gampangkan buatnya kasih sambal biar tambah membara rasanya hehe ....

Ok sahabat ku selamat mencoba ya semoga berhasil dan salam santunku selalu.

Read More

Tuesday, June 27, 2017

Menu Hari Raya yang Sering Disajikan

39 comments

Assallamuallaikum warrahmatullahi wabarrakatuh ...

Halo sahabat maya, kita masih dalam suasana hari raya fitri ya ....

Sepertinya aneka menu hari raya yang sering disajikan terlihat sama ya?
Ya terbukti saat Maya bersilahturahmi kepada teman-teman, sanak famili dan juga tetangga yang disuguhkan sama tuh ..., tapi meskipun sama rasanya beda-beda loh ....

Aneka menu hari raya yang sering disajikan :

1. Ketupat

Semua tahu dong dengan makanan jenis ini.
Kulit ketupat atau kerompang ketupat terbuat dari janur atau daun kelapa yang masih muda. Dalamnya diisi beras lalu direbus dengan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Biasanya bisa tahan hingga tiga hari tidak basi selama perebusan dan cara menyimpannya yang baik.

2. Rendang

Gulai rendang berbahan daging sapi yang kaya akan bumbu dan rempah. Dengan ciri khasnya berwarna coklat gelap dan santan kelapa yang dimasak hingga mengering. Menu hari raya selalu istimewa walau ada kesamaan. Sama rendangnya tapi ada yang pedasnya terasa ada juga yang tidak terasa pedasnya. Ada rendang yang disajikan kering ada pula rendang yang disajikan masih ada sedikit kuahnya. Rendang menjadi menu yang kerap hadir di hari raya idul fitri. Termasuk hari raya Idul Fitri tahun ini.

3. Opor ayam

Opor ayamnya juga gitu ada yang santannya encer ada juga yang santannya kental yah itu semua ada kemungkinan tergantung selera dari tuan rumah kali ya ... Kuah opor ayam biasanya menjadi teman makan ketupat. Ciri khas dari gulai opor berwarna putih mendekati abu-abu dan rasa gurih yang didapati dari santan kelapa yang semantan atau sedang tuanya.

4. Empek-empek dan tekwan

Dalam keluarga Maya ada menu hari raya yang selalu hampir tidak pernah absen di hari raya, yaitu empek-empek dan tekwan menambah variasi menu hari raya, sudah menjadi kebiasaan untuk menyajikan empek-empek dan tekwan. Empek-empek dinikmati dengan cuka yang dibuat dari paduan cabe, asam dan gula merah. Menjadi menu pilihan bagi mereka yang mungkin sedang mbelenget dengan kuah santan.

Tekwan yang terbuat dari tepung kanji dan ikan ini menu hari raya yang biasa disajikan. Tekwan memang nggak bikin bosen dinikmati selagi hangat pokoknya rasanya nagih deh ....

5. Sambal cengek

Teman menikmati ketupat selain rendang dan opor ayam tak lengkap bila tak memakai sambal. Ketiga menu ini dihadirkan bersama ketupat, opor ayam dan rendang plus sambal cengek. Untuk sambal cengek ini secara resepnya sebenarnya tidak ada yang beda dengan sambal lainnya, hanya untuk sambal cengek ini menggunakan asam jawa dan gula jawa. Jadi rasanya selain pedas ada asam-asam segar gitu sahabatku. Karena menggunakan asam jawa dan gula jawa jadi warnanya agak kehitaman.

6. Gulai anam

Ada juga menu hari raya warisan turun temurun yang hampir tidak pernah ketinggalan yaitu gulai anam. Gulai anam menu hari raya yang biasa disajikan. Gulai anam adalah gulai khas Komering sebagai teman makan ketupat ada kemiripan dengan opor tapi yang membuat beda yaitu ada kencur, daun jeruk purut dan daun pandan. Bahannya sudah pasti ayam dan santan dong ... Kuahnya sedikit berwarna hijau karena daun pandan dan aroma daun pandannya juga menjadi ciri khas dari gulai anam ini.

7. Siomay

Nah hari raya di tahun ini ada yang request sekaligus tantangan nih! Ada yang minta disediakan siomay ala maya hehe ...
Memang nggk serius sih cuma bercanda. Tapi bolehlah maya sediakan sebagai menu hari raya siomay dadakan ala maya. Siapa takut yang penting mateng soal rasa itu sih belakangan.

Eh ternyata hasilnya luar biasa maya panen pujian hehe .... Mau tahu resepnya? Atau mau merasakan siomay ala maya? Boleh buat sendiri ya, soalnya siomay buatan maya sudah habis kawan bukan pelit haha ....

Kita lihat resepnya yuk!

Bahan-bahan:

* 500 gram daging ikan tenggiri boleh gunakan daging ikan lainnya atau mau pakai daging ayam juga bisa kok ....
* 250 gram tepung sagu atau tepung kanji, maya pakai sagu tani ya ....
* 2 butir telur
* 5 siung bawang putih halus
* 3 siung bawang merah halus
* 5 batang daun bawang
* 1 sdm  minyak wijen
* beberapa buah kulit tahu goreng
* Garam dan merica secukupnya

Bahan Saus Kacang:

* 250 gram kacang tanah
* 4 siung bawang putih
* 4 buah bawang merah
* 3 buah tomat di blender halus
* 50 gram gula merah
* 50 ml air
* 2 buah jeruk limau
* 3 sdm minyak goreng
* 1-2 daun jeruk purut
* Garam secukupnya

Cara Membuatnya :

1. Haluskan daging ikan tenggiri yang sudah tidak ada duri atau tulangnya dan kulitnya.

2. Ambil tepung kanji masukkan ke dalam baskom kemudian tambahkan telur, masukkan daging ikan, daun bawang yang sudah diiris halus.

3. Masukkan juga bawang putih halus dan bawang merah yang juga sudah dihaluskan, tambahkan pula minyak wijen, garam, merica dan gula pasir. Dilanjutkan dengan pengadukan hingga benar-benar rata.

4. Nah saatnya memasukkan adonan ke dalam kulit tahu goreng. Untuk kulit tahu bisa kita beli di tukang tahu. Biasanya tukang tahu sudah tahu kalau kita katakan tahu kopong ia sudah ngerti kok.

5. Lubangi atau potong segi tiga tahu kopong, lalu ambil adonan siomay dan bentuk kedalam kulit tahu.

6. Siapkan dandang atau kukusan, tunggu hingga air kukusan mendidih kemudian kukus siomay ke dalamnya.

7. Tunggu hingga matang. Kemudian angkat dan sajikan dengan saus kacang.

Cara Membuat Saus Kacang :

1. Gongseng kacang tanah atau goreng tanpa minyak. Kemudian halus kacang tanah goreng, cabai merah sesuai selera dan bawang putih hingga halus.

2. Panaskan wajan atau kuali lalu tuangkan minyak goreng secukupnya masukan kacang yang sudah dihaluskan, gula merah, daun heruk purut, garam, tomat yang sudah diblender halus dan air.

3. Aduk rata hingga mendidih dan mengental serta mengeluarkan sedikit minyak, heeemmm ...., harumnya dari aroma daun jeruk purut tercium sudah, kemudian angkat dan saus kacangpun sudah siap untuk disajikan.

Mudah ya ... Nikmati siomay dengan saus kacang dan kecap hem yummiii ....
Selamat mencoba semoga berhasil ya ....

Bagaimana? Apakah menu yang sering disajikan di hari raya ditempat sahabat Maya sama? Ya apapun menunya tak masalah yang penting momen hari raya bukan untuk menumpuk segala jenis menu masakan tapi ada nilai silaturahmi, saling memaafkan dan juga saling mendoakan, itu yang utamakan?

Dah dulu ya sedikit berbagi tentang menu hari raya yang sering disajikan yaitu hari yang istimewa.

Read More

Saturday, June 24, 2017

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

25 comments

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

Assallamuallaikum warrahmatullahiwabarraktuh

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum
artinya adalah semoga Allah menerima ibadah (puasa dan amal) dari kami dan ibadah (puasa dan amal) dari kalian.

Kalimat indah ini menjadi ucapan dan sekaligus adalah kalimat doa yang indah. Seindah keceriaan umat muslim dalam merayakan hari raya Idul Fitri.

Saat bersilaturahmi kepada sanak famili, kaum kerabat, handai tolan dan tetangga di hari Raya idul Fitri sering kita dengar kalimat yang sangat indah ini yaitu :"Taqabbalallahu Minna Wa Minkum"

Sungguh indahnya persaudaraan sesama muslim dimana kita saling mendoakan dengan segala kebaikan setelah menjalankan ibadah di bulan Ramadhan selama satu bulan penuh.

Saat kita mendapat ucapan dengan kalimat indah yang juga termasuk doa, yaitu "Taqabbalallahu Minna Wa Minkum", kita juga membalasnya dengan kalimat indah yang sama juga yaitu "Taqabbalallahu Minna Wa Minkum" maka terjadilah saling mendoakan dengan doa yang sama baiknya.

Nah di hari yang Fitri dengan segala kebahagiaan yang menyertainya Maya sebagai admin dari blog jejakmayaku.com izinkan ikut merasakan kebahagiaan dengan menyampaikan permohonan maaf serta doa untuk sahabat Maya dimanapun berada :

"Mohon Maaf Lahir dan Batin
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H Taqabbalallahu Minna Wa Minkum"


Juga ucapan terima kasih untuk semua sahabat Maya yang telah hadir di blog jejakmayaku.com walau tak pernah ada hidangan yang istimewa namun tetap memberikan suportnya dan membakar semangat seorang Maya, sekali lagi terima kasih sahabatku candamu di kolom komentar kerap kali mengundang senyumku, sungguh atas izin Allah-lah kita dipertemukan di dunia maya ini. Semoga persahabatan yang hangat ini akan tetap menjadi persahabatan yang penuh manfaat dan memberikan kebaikan untuk Maya sendiri dan tentunya juga untuk semua sahabat mayaku.

Ok, ingat ya kalimat dan doa indah ini saat silaturahmi di hari raya nan Fitri "Taqabbalallahu Minna Wa Minkum" dan jawablah dengan kalimat doa yang indah pula.

Salam santunku sahabat mayaku, Maya mohon diri dulu sampai jumpa lagi ya ....

Robbana Taqobbal Minna Innaka Antasami'ul aliim

Read More