Thursday, September 21, 2017

Pergantian Tahun Baru Hijriah

16 comments

Saat ini umat Islam telah memasuki tahun 1439 H. Berbeda dengan tahun Masehi pergantian tahun baru Hijriah yaitu saat tenggelamnya senja, sedangkan pergantian tahun Masehi terjadi dini hari atau tepat pukul 12 malam atau jam 00:00 waktu setempat.

Tidak hanya waktu pergantiannya saja yang berbeda, tapi cara merayakannya juga berbeda. Di daerah kami tinggal pergantian tahun baru Hijriah atau lebih umum disebut tahun Islam dirayakan dengan pengajian, shalawatan, istighasah.

Ada juga yang sengaja mengundang pak ustad ke rumah pribadi ngeriung (ngariung) ngumpul jiran tetangga untuk mendengarkan ceramah berjamaah lalu berdoa dan bagi-bagi besek seperti gambar di bawah ini.



besek(berkat dari kenduri)

Suasana pergantian tahun baru Hijriah sangat sejuk, tenang adem rasanya. Dalam artian sangat jauh dari hiruk pikuk suara ledakan-ledakan petasan. Pesta-pesta yang hingar bingar dengan dentuman musik-musik keras, sungguh sangat berbeda. Bahkan ada juga bahkan sebagian besar melakukan saum menyambut pergantian tahun hijriah ini. Subhanallah walhamdulillah Allahuakbar ....

Pergantian tahun baru Hijriah disambut dengan doa dan merenung. Tentunya banyak harapan yang disampaikan terutama untuk lebih baik lagi dalam beribadah meningkatkan ketaqwaan kepada Allah Subhanahuwata'alla.

Keberagaman budaya di Indonesia sudah tentu punya tradisi sendiri-sendiri dalam penyambutan tahun baru Hijriah ini, seperti :

Tradisi Bubur Suro di Jawa Barat, tradisi ini juga dilakukan pada peringatan wafatnya cucu Nabi Muhammad yang gugur di medan peperangan.

Tradisi Kirab Pusaka dan Kebo Bule di Surakarta, Pada malam 1 Suro atau 1 Muharam pihak keraton dan warga Surakarta menggelar tradisi kirab pusaka oleh para abdi dalem dan kerbau putih atau kerbau bule yang istimewa diarak keliling kota.

Dan tentu saja masih banyak tradisi lainnya dalam rangka penyambutan tahun baru Islam ini.

Tradisi yang dilakukan dalam rangka menyambut pergantian tahun baru Hijriah yang membudaya dalam masyarakat menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya. Selain melestarikan budaya juga merupakan salah satu wujud rasa syukur karena telah memasuki tahun yang baru tentunya dengan semangat yang baru pula.

Saya admin jejak maya menyampaikan ucapan lewat blog sederhana ini :

"Selamat tahun baru 1 Muharam 1439 H semoga di tahun ini kita bisa lebih baik lagi."

Wassallam.


Read More

Tuesday, September 19, 2017

Paduan Suara dalam Rangka Ulang Tahun Kabupaten Lampung Barat ke 26

22 comments

Paduan suara dalam rangka ulang tahun Kabupaten Lampung Barat ke 26. Paduan suara adalah kelompok suara yang terdiri dari dua atau lebih tingkatan suara yaitu suara sopran, alto, tenor dan bas. Dalam satu tim paduan suara bisa juga bergabung wanita dan pria maka disebut paduan suara campuran.

Dalam rangka ulang tahun kabupaten Lampung Barat ke 26 Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Dharma Wanita (DW) dan Organisasi Pembinaan Pendidikan Kesejahteraan (PKK) mengadakan perlombaan-perlombaan.

Pada tanggal 19 September 2017 tepatnya hari Selasa mengadakan lomba paduan suara (padus). Lomba Padus diikuti oleh 30 peserta tingkat kabupaten dan juga diikuti organisasi tingkat kecamatan.

Lomba padus ini mengusung tema "Semangat Mewujudkan Kebhenikaan Tunggal Ika"

Ini adalah salah satu penampilan dari peserta lomba paduan suara saat menyanyikan lagu wajib lomba, yaitu "Hymne Lampung Barat"



Lomba paduan suara dalam rangka ulang tahun Kabupaten Lampung Barat ke 26

Membawakan lagu Hymne tidak disarankan untuk melakukan gerakan, tapi lebih kepada ekspresi dan suara. Hymne adalah gita puja atau lagu pujian, Hymne Lampung Barat yaitu lagu pujian terhadap kabupaten Lampung Barat.

Paduan Suara adalah kelompok suara yang terdiri suara sopran, alto, tenor dan bas bisa juga hanya terdiri dari dua suara. Dalam paduan suara biasanya dipimpin oleh seorang dirigen.

Untuk kelompok suara atau paduan suara atau disebut juga koor dirigen sangat mempengaruhi kelompok suara yang dipimpinnya, bila dirigen memandu dengan penuh semangat maka kelompok suara yang dipimpinnya juga akan terpacu begitu pula sebaliknya, jadi dirigen atau disebut juga choirmaster memang sangat dominan mempengaruhi kelompok koor yang dipimpinnya.

Paduan suara berbeda dengan unisono, bila unisono kelompok suara bernyanyi dengan satu suara sedangkan paduan suara bernyanyi dengan tiga, empat, lima bahkan sampai delapan suara dengan harmoni yang indah hingga sedap didengar oleh telinga.

Paduan suara juga bisa bernyanyi diiringi dengan alat musik atau tanpa diiringi alat musik. Bila tanpa diiringi alat musik maka disebut bernyanyi acappella.

Paduan suara dengan alat musik bisa satu alat musik, dua atau mungkin tiga alat musik sedangkan bila diiringi alat musik penuh maka disebut orkestra.

Paduan suara dalam rangka ulang tahun Kabupaten Lampung Barat ke 26.

Read More

Monday, September 18, 2017

Mengatasi Rambut Rontok dengan Kangkung

18 comments

Perawatan rambut secara tradisional sudah ada sejak lama. Perawatan rambut secara tradisional ini biasa ditularkan dalam anggota keluarga baik dari orang tua pada anaknya maupun dari nenek ke cucunya. Sudah bukan rahasia lagi tentunya bila orang-orang terdahulu biasa menggunakan tanaman atau tumbuhan yang ada disekitar untuk perawatan kesehatan dan kecantikan termasuk perawatan mahkota yaitu rambut.

Dalam kesempatan ini aku ingin berbagi kembali di edisi dibuang sayang tentang masalah rambut, yaitu mengatasi rambut rontok.

Sebelumnya aku minta maaf. Aku niat banget berbagi info ini sampai-sampai aku sudah beli kangkung ingin membuat videonya, tapi karena tak sempat pulang ke rumah dikejar-kejar kerjaan yang tidak bisa disambil untuk menerbitkan postingan. Semalam buka kulkas kangkungnya udah di tumis sama bu de, ya udah terpaksa aku nyomot gambar kangkung di google. Semoga tulisan ini bisa dipahami dan tidak mengurangi makna berbagi yang sebenarnya.



Seperti halnya tanaman rambut juga butuh perawatan dan nutrisi agar tidak rontok dan hitam berkilau. Mau tahu apa yang bisa dimanfaatkan dari alam sekitar kita? Cekidot!!

Mengatasi rambut rontok dengan kangkung. Ternyata kangkung bisa mengatasi rambut rontok dan membuat rambut menjadi hitam cemerlang.

Kangkung yang kita kenal sebagai sayuran ini sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut. Selain mampu mengatasi rambut rontok akan tetapi juga bisa menjadikan rambut hitam cemerlang hal ini karena kandungan vitamin dan mineral yang ada pada kangkung.

Mungkin ada yang bertanya, jenis kangkung apa yang digunakan? Kangkung darat atau kangkung cabut? Atau kangkung air yang cara panennya distek? Kedua jenis kangkung ini sama baiknya bila dimanfaatkan sebagai perawatan rambut. Akan tetapi pada sebagian orang bila penggunaan kangkung untuk kangkung tumis lebih lunak kangkung air. Itu aku kembalikan pada pembaca saja mau menghunakan kangkung jenis kangkung darat atau kangkung air.

Mengatasi rambut rontok dengan kangkung sudah menjadi kebiasaan orang-orang di zaman dulu yaitu zaman nenekku. Kangkung selain dikonsumsi sebagai sayur teman makan nasi sebagai pencegahan dari dalam untuk mendapatkan khasiat kangkung yang maksimal ini disertai juga dengan perawatan dari luar pada mahkota atau rambut anda sebagai cem-ceman (cem-ceman = membasahi kulit kepala dengan menggunakan ujung jari tangan yang sudah dibasahi dulu dengan air hasil perasan kangkung atau cairan lainnya).

Meskipun mengkonsumsi kangkung bisa memaksimalkan hasil dari khasiat kangkung untuk mengatasi rambut rontok, akan tetapi juga harus diperhatikan konsumsi kangkung tidak boleh berlebihan, karena kangkung mengandung purin yang apabila berlebihan dalam darah akan menyebabkan asam urat.

Bagaimana cara menggunakannya pada rambut untuk mengatasi rambut rontok dengan kangkung?

Dengan mengambil beberapa batang serta daun kangkung ini, kemudian diremas-remas pada air bersih hingga kangkung lumat dan air kangkung berubah warna. Setelah kangkung dan daun kangkung lumat kemudian saringlah air hasil remasan kangkung tersebut. Airnya digunakan untuk cem-ceman yaitu membasahi rambut dengan air dari remasan kangkung sebelum keramas. Diamkan 5-10 menit kemudian keramas seperti biasa.

Selain digunakan sebelum menggunakan sampho kangkung juga boleh dijadikan sebagai sampo, sebelum dibilas air bersih diamkan dulu 5-10 menit sambil di pijit lembut pada kulit kepala, baru di bilas air bersih.

Bila dilakukan secara rutin rambut rontok akan terus berkurang dan menjadi hitam lebat.

Bisa digunakan setiap hari atau dua hari sekali. Selamat mencoba semoga berhasil. Mohon maaf bila ada kata yang kurang berkenan ya. Komentarmu ku nantikan sahabat mayaku terima kasih. Salam hangat dariku dan semangat berbagi.

Wassallam

Read More

Friday, September 15, 2017

Solusi Tiba tiba Iphone 5 Tidak Merespon

45 comments

Solusi tiba-tiba Iphone 5 tidak merespon.

Solusi tiba-tiba iphone 5 tidak merespon. Posisi on tapi tidak bisa difungsikan, di matikan atau di of-kan juga tidak bisa. Jangan panik dulu ya say ....

Mengapa aku menekankan pada Iphone 5? Karena ini pengalaman pribadiku dengan benda ini langsung.

Aku sekedar berbagi pengalaman saja, mungkin ini sudah banyak yang tahu bahkan ada situs resminya yang bisa diakses, jadi ini hanya untuk yang mungkin mengalami hal yang sama denganku dan sedang cari solusinya yang sengaja atau tak sengaja singgah di blog ini.

Seperti biasa bangun tidur mengecek hanphone. Sudah menjadi kebiasaanku kalau tidur hanphone selalu dalam posisi of total, terutama iphoneku yang sempat bermasalah Rabu pagi tepatnya dua hari yang lalu.

Lanjut ya, aku langsung menekan tombol on awalnya semua normal saja ya di mulai dengan muncul icon apple dan aku membiarkan hanphoneku dalam posisi on tanpa membukanya atau mengoperasikannya lebih lanjut.

Ok sementara aku beranjak menuju kamar mandi bersiap-siap untuk shalat subuh karena bersamaan dengan itu suara azan sudah terdengar.

Selesai shalat aku langsung menyiapkan sarapan pagi seperti biasalah rutinitas pagi. Sambil minum kopi aku kembali mengecek hanphone ku, loh! Hanphone ku nyala, tapi tidak merespon sama sekali agak sedikit panik sih karena aku emang sedang menunggu pesan dari seorang teman pagi ini.

Akhirnya aku ubek-ubek maksudku cari tahu di google serba bisa soalnya buku panduannya udah lupa aku simpan dimana.

Solusi tiba-tiba iphone 5 tidak merespon ternyata begini semoga trik ini bermanfaat dan mudah dipahami, apabila iphone 5 tiba-tiba tidak respon

Tekan tombol on of secara bersamaan dengan tombol utama cukup sepuluh detik saja maka akan muncul kembali icon atau logo apple dan normal lagi.

Nah seperti gambar dibawah ini.

Kalau sudah muncul icon atau logo apple seperti contoh gambar di bawah ini, itu bertanda hanphone atau iphone 5 tidak ada masalah alias baik-baik saja.

Dan ini buktinya aku sudah bisa mengetik postingan ini sekedar berbagi pengalaman saja mungkin bisa bermanfaat untuk pembaca.

Udah gitu aja solusi tiba-tiba iphone 5 tidak merespon. Layar menyala, tapi tidak bisa dimatikan dan tidak bisa difungsikan.

Semoga bermanfaat.

Kalau belum jelas atau mungkin untuk masalah lainnya yang berhubungan iphone cek disini ya ....

Read More

Tuesday, September 12, 2017

Membuat Bawang Goreng yang Renyah dan Berwarna Cantik

33 comments

Membuat Bawang Goreng yang Renyah dan Berwarna Cantik

Membuat bawang goreng yang renyah dan berwarna cantik sebenarnya tidaklah sulit, tapi kenapa ya? Aku kalau ngupas bawang dan mengiris bawangnya sampai berurai airmata. Sedih banget rasanya, karena sedihnya aku tak sanggup menahan airmata yang terus membasahi pipi ini.
Hehe ... Lebay ah! Hayo siapa yang tahu kenapa sampai aku menangis kalau ngiris bawang? Yang mau jawab pertanyaanku tolong jawab di kolom komentar ya .... Terima kasih.

Sudah tahukan kalau bawang goreng biasa digunakan sebagai taburan pada makanan, seperti bakso, soto, nasi uduk, lontong sayur, sop atau juga ditaburkan pada gulai pada saat disajikan.

Dengan menambahkan bawang goreng pada masakan atau makanan sebelum disantap akan menambah aroma dan rasa sedap yang dikeluarkan dari bawang goreng ini. Tapi, kalau bawang gorengnya hangus ya nggk sedaplah tentu akan terasa pahit.

Nah! Dikesempatan ini aku ingin berbagi bagaimana caranya agar si bawang goreng yang renyah dan berwarna cantik ini menjadi tambahan atau taburan pada masakan kita sehingga menambah selera untuk menyantapnya.
Ok! Bisa kita mulai yuk!

Karena kita akan membuat bawang merah yang digoreng, bahan yang kita gunakan untuk membuat bawang goreng sudah tentu si bawang merah dan minyak goreng ya.

Kita juga membutuhkan garam. Sebaiknya gunakan garam beriodium ya dear. Yang halus boleh yang kasar juga boleh kita bisa menghaluskannya dengan cara diulek. Diulek itu maksudnya di giling pakai lumpang batu. Supaya praktis enaknya pakai garam halus saja.

Sekarang kita ke cara membuat bawang goreng yang renyah dan berwarna cantik yu kita mulai ....

Ambil si bawang merah yang akan kita jadikan bawang goreng. Kupas kulitnya. Setelah dikupas sekarang saatnya kita mengiris bawang dengan sangat tipis dan seragam maksudnya ketebalannya atau ketipisannya usahakan sama, bila tidak seragam pada saat di goreng matangnya nanti tidak seragam juga ada yang sudah gosong dan ada yang belum matang. Memang saat mengiris bawang harus benar-benar sabar karena saat inilah airmata sangat tak terbendung mengalir deras.

Akan lebih mudah bila mengiris bawang kita menggunakan alat khusus pengiris bumbu atau pengiris bawang yang banyak di jual di toko pecah belah.

Ok, setelah semua bawang diiris tipis kemudian kita cuci dengan air bersih. Jangan lupa tiriskan setelah dicuci. Setelah airnya tus atau tiris taburi irisan bawang dengan garam dan ratakan. Bayaknya garam sesuaikan dengan banyaknya bawang ya jangan sampai keasinan. Garam inilah yang nantinya akan membuat bawang goreng kita menjadi renyah.

Boleh juga saat mencuci bawang yang sudah diiris, dengan air yang sudah diberi garam dulu sebelumnya, nanti setelah ditiriskan kita tidak perlu lagi menaburkan garam pada irisan bawangnya, karena kita sudah mencuci dengan air garam. Hasilnya nanti akan sama saja. Bisa dipahami ya.

Siapkan wajan isi minyak goreng secukupnya. Tunggu hingga minyak panas masukkan irisan bawang, gorenglah dengan api sedang hingga berwarna keemasan segera angkat. Bila tidak segera di angkat dari minyak bawang sangat cepat gosong.

Jangan biarkan bawang goreng tetap berada di sair penggorengan karena uap panas bila tidak segera didinginkan akan terus berproses dan sudah tentu merusak warna dari bawang goreng ini. Jadi setelah diangkat dari minyak langsung di ler atau didinginkan di atas nampan atau wadah yang ceper agar uap panasnya segera hilang. Setelah dingin simpan bawang goreng ke dalam wadah tertutup rapat.

Kesimpulan (tips dan trik):

1. Iris tipis bawang dengan ketebalan yang seragam
2. Cuci dengan air garam atau taburi garam setelah bawang dicuci
3. Goreng dengan api sedang
4. Angkat dan segera dinginkan
5. Segera simpan bawang goreng ke dalam wadah tertutup

Mudahkan?
Membuat bawang goreng yang renyah dan berwarna cantik, semoga bermanfaat. Salam hangat dan bahagia selalu dariku.

Read More

Nasyid Menyentuh Doa Kalbu

4 comments

Nasyid Menyentuh Doa Kalbu. Lagu Doa kalbu adalah lagu bergenre nasyid ini sangat indah di telinga dan membuat terasa bergetar, bukan karena siapa penyanyinya akan tetapi bait-bait dari lagu ini sangat pantas untuk renungkan. Penyanyi dari Lagu Doa kalbu ini adalah Fika Mupla.

Sebelumnya aku mau kasih tahu tentang apa itu nasyid, nasyid adalah sarana dakwah lewat jalur seni untuk menarik minat masyarakat kepada Islam sekaligus hiburan syar'i. Jadi kalau secara spesifiknya nasyid itu bukan lagu. Aku mohon izin menyebutnya lagu ya ....

Sebenarnya banyak lagu-lagu bergenre Nasyid lainnya yang sangat bagus liriknya sebagai renungan, tapi untuk kali ini pilihanku jatuh pada Nasyid Menyentuh Doa Kalbu. Meski aku tidak tahu kapan pertama kali lagu ini di rilis menurutku lagu ini nggak jadul-jadul amat sih. Ok, aku kenal lagu ini tahun 2010, yaitu berawal dari acara kumpul keluarga yang secara tidak sengaja salah satu anggota keluargaku mendengarkan lagu ini lewat handphone selulernya. Pertama kali aku dengar lagu ini jujur aku langsung suka.

Begini lirik Nasyid Menyentuh Doa Kalbu :

dimalam penuh bintang
di atas sajadah yang kubentang
sedu sedan sendiri
mengaduh pada Yang Maha Kuasa
betapa naif diriku ini hidup tanpa ingat pada-Mu
urat nadi pun tahu aku hampa


di malam penuh bintang
di bawah sinar bulan purnama
kupasrahkan semua
keluh kesah yang aku rasa
sesak dadaku
menangis pilu
saat ku urai dosa-dosaku
dihadapan-MU ku tiada artinya


doa kalbu tak bisa aku bendung
deras bak hujan di gurun sahara
hatiku yang gersang
terasa oleh tenteram


hanya Engkau yang tahu siapa aku
tetapkanlah seperti malam ini
sucikan diriku selama-lamanya


DOA KALBUKU

Judul Nasyid Doa Kalbu
Munsyid : Fika-Mupla


Setelah membaca lirik nasyid menyentuh doa kalbu di atas apa yang kamu rasakan sahabat mayaku?

Lagu ini diawali dengan rasa kagum akan keindahan alam malam. Mengagungkan ciptaan-Nya. Memuji ciptaannya. Setelah lama terlena akan keindahan dunia yang pana hingga hidup terasa hampa.

Pada bait kedua pun masih terpesona betapa indahnya ciptaan Illahi Robbyi, hingga hidup terasa sangat kecil tiada daya upaya selain Allah Yang Maha Esa. Hilang segala kesombongan dan keangkuhan diri. Merasa hidup penuh dosa menghiba pada-Nya. Pasrah dan memohon ampunan kepada sang Maha pemilik jiwa dan raga.

Ingin selalu dekat pada-Nya. Ingin mendapatkan ridha-Nya. Betapa hati menjadi tentram karena-Nya.

Ini sekedar pemahamanku saja, mungkin pemahaman kita berbeda. Boleh tulis di kolom komentar ya, kita saling share yang bisa menjadi masukan untuk kebaikan bersama dan aku ucapkan terima kasih untuk kesediaan waktunya.

Secara keseluruhan Nasyid Menyentuh Doa Kalbu ini memang sangat sedap di dengar dan pantas menjadi lagu pavorite. Penasaran dengan lagunya seperti apa?
Coba deh simak lagunya lewat video di bawah ini.

Read More

Sunday, September 10, 2017

Wanita Mulia Dalam Hidupku

28 comments

Puisiku untuk wanita terhebat dan mulia dalam hidupku. Dialah ibu tersayang yang selalu hadir dalam suka dan dukaku. Mengabaikan lelahnya untuk memperhatikan setiap kebutuhanku. Mengabaikan keluh untuk membahagiakanku, sungguh ibu kau wanita mulia dalam hidupku.

Ibu adalah wanita mulia dalam hidupku. Ia tentu saja, dia yang selalu menghadirkanku dalam doanya. Membuaiku dengan petuah nasihat terbaiknya. Saat aku jauh darinya nasihat ibu kadang membuatku bersedih dan mengalirkan airmata ini dipipiku. Kata-katanya yang begitu tulus keluar dari hati yang suci dan mulia sangat melekat dalam ingatan. Duhai ibuku sayang kapan aku bisa membahagiakanmu?

Sosok ibu sering melahirkan inspirasi baik dalam kehidupan nyata maupun kehidupanku di dunia maya. Disaat hati ini merindu, disaat hati ini berduka bahkan disaat hati ini tengah diliputi kebahagiaan.

Sebagai seorang anak bukan tak mungkin ada saja tingkah lakuku yang membuatnya sedih dan terluka, tapi ibu dengan kekayaan kasih sayangnya selalu hadir dengan sejuta maaf untukku. Duhai ibu mohon maaf untuk semua kesalahanku ....

Dalam kesempatan ini aku ingin menulis puisi untukmu ibu wanita mulia dalam hidupku. Kubayangkan semua tentang nasehatmu, buai lembutmu, peluk mesramu, kehangatan cintamu, pengorbananmu semua tentangmu ibu.

Buat pembaca yang sempat hadir di blog ini semoga berkenan berpuisi bersamaku. Terima kasih tak terhingga untuk yang telah membaca bait-bait sederhana dalam puisiku ini.

Wanita Mulia dalam hidupku


Dalam lembaran hidupmu ibu
Kau hadirkan sosok mungil tanpa dosa
Kau sibukkan siang dan malammu untuk membelainya
Kau biarkan ia mengganggu lelap tidurmu
Tak ada keluh dalam kantukmu
Kau wanita mulia dalam hidupku


Dalam perjalanan hidupmu
Kau curahkan seluruh kasih sayang untukku
Kau belai aku dengan nasehat terbaikmu
Kau bimbing aku dengan doa-doa malammu
Kau peluk aku dengan marah sayangmu
Kau wanita mulia dalam hidupku


Ibu ....
Kini aku tak disampingmu
Aku sibuk dengan kehidupanku
Hari-hariku tak sempat menyapamu
Sungguh aku bersalah padamu
Namun ....
Sungguh mulianya dirimu ibu
Maafmu melimpah ruah untukku
Kau mengerti kehidupanku
Kau rela waktuku bukan untukmu


Ibu ....
Kau wanita mulia dalam hidupku
Doamu sepanjang hidupmu untukku
Dalam kesendirianmu
Dalam dinginnya malammu
Disudut hatimu yang suci
Kau sebut namaku dalam bait-bait syair malammu


Ibu ....
Semoga bahagia hidupmu
Maafkan anakmu yang tak mampu membalas jasamu


Wanita mulia dalam hidupku engkaulah ibu aku rindu, aku sayang.


Persembahan untukmu ibu

Read More