Wednesday, December 13, 2017

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat Masa Jabatan 2017 - 2022

14 comments



Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat masa jabatan 2017 - 2022. Gubernur Lampung M Ridho Ficardo menyematkan tanda jabatan kepada Bupati Lampung Barat terpilih Parosil Mabsus dan Wakil Bupati Lampung Barat terpilih Mad Hasnurin untuk masa jabatan 2017-2022 saat pelantikan di Balai Keratun Pemerintah Provinsi Lampung, Senin tanggal 11 Desember 2017, kota Tapisberseri Bandar Lampung, Lampung.

Parosil Mabsus dan Mad Hasnurin resmi menjabat bupati dan wakil bupati Lampung Barat menggantikan pasangan Mukhlis Basri dan Makmur Azhari setelah menang di Pemilihan Kepala Daerah pada 15 Februari 2017 yang lalu.

Pelantikan berlangsung hikmat sukses dan lancar di Balai Keratun, lantai III, kompleks Kantor Gubernur Lampung pada hari Senin tanggal 11 Desember 2017.

Gubernur Lampung M Ridho Ficardho mengucapkan selamat atas dilantiknya Parosil Mabsus dan Mad Hasnurin. Gubernur Lampung yakin, dengan kerja keras dan kegigihan keduanya, yaitu bupati dan wakil bupati terpilih yang baru saja dilantik dalam memimpin Lampung Barat ke depannya akan semakin maju dan mensejahterakan masyarakat Lampung khususnya masyarakat Lampung Barat kabupaten Beguawai Jejama.

Gubernur juga menyampaikan : "Selamat bekerja kepada bupati dan wakil bupati, disertai harapan kiranya dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Terima kasih juga penghargaan kepada Mukhlis Basri dan Makmur Azhari yang telah mencurahkan segala tenaga dan pemikirannya dalam menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Lampung Barat.



Keterangan gambar : Bapak Mukhlis Basri beserta Nyonya (Helyawati Komaladewi)

Dalam kesempatan lain, yaitu Usai pelantikan, Mukhlis Basri yang juga adalah kakak kandung dari bupati Lampung Barat yang baru, Parosil Mabsus berpesan kepada Parosil agar bisa melanjutkan program-program yang baik dan membuat terobosan-terobosan baru dalam memimpin Kabupaten Lampung Barat.

Mukhlis Basri mengatakan pada Senin 11 Desember saat usai pelantikan diwawancarai oleh awak media :

"Saya sudah sering sampaikan, agar beliau bisa memimpin dengan gayanya sendiri. Agar masyarakat nanti yang menilai secara langsung. Selamat bekerja untuk Lampung dan Lampung Barat khususnya."



Keterangan gambar : foto bersama ibu Helyawati Komaladewi beserta ibu-ibu Dharmawanita Persatuan Indonesia dan isteri asisten serta ketua organisasi wanita lainnya, usai acara pelantikan bupati dan wakil bupati dikediaman bupati yang baru dalam rangka doa bersama sebagai rasa syukur dan memohon keridhaan Allah untuk mengemban amanah sebagai pemimpin kabupaten Lambar.

artikel : Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat Masa Jabatan 2017 - 2022

Read More

Friday, December 8, 2017

Takdir Illahi Sungguh Misteri

25 comments

Takdir Illahi Sungguh Misteri




Pagi yang berembun mengawali hariku
6 Desember 2017 Rabu pagi yang pilu
Kuterima khabar duka di ujung handphoneku
Engkau telah berpulang pada sang penciptamu

Sesaat denyut nadiku seakan terhenti
Air mata tak sanggup kubendung lagi
Ada sesal yang menyelimuti hati
Aku terlalu sibuk dengan duniaku sendiri
Dimana aku saat engkau merasa sepi?

Engkau yang telah kembali kepangkuan bumi
Maafkan aku tak sempat menemani
Bukan inginku melepasmu seperti ini
Engkau pergi tanpa menggenggam jemari
Menuntunmu dengan kalimat nan suci
Jarak dan waktu tak mungkin kutempuhi

Takdir Illahi sungguh misteri
Kita tidak tahu ternyata usiamu sampai disini
Adikku yang telah dipanggil Illahi
Semoga dosamu terampuni
Amalmu menjadi teman sejati
Bahagia di sisi Allahu ya Robbii

Aamiin ya Allah
Aamiin ya Allah
Aamiin ya Allah
Aamiin ya Robbal'allamiin

Innalillahi wa innailaihiroji'un


Ini puisi kedukaan seorang kakak yang telah kehilangan adik sepupu. Ya, sepupuku telah berpulang kepada sang penciptanya. Tak ada lagi yang lebih indah dan bermanfaat rasanya selain doa yang tulus agar Allah menerima almarhum dan menempatkanya di tempat yang terindah.

Takdir Illahi sungguh misteri kita semua tahu akan kembali pada sang pemberi kehidupan, tapi sampai detik ini kita tidak pernah tahu kapan dan saat bagaimana kita berpulang kepada-Nya. Keyakinan akan berakhirnya usia pengembaraan di dunia yang fana ini pasti ada hanya itu yang kita tahu.

Hari ini bisa saja kita terlihat segar ceria sehat tanpa kurang suatu apapun, untuk lantaran kembali pada sang pemberi kehidupan tidak menunggu sakit tidak pula menunggu usia senja begitu yang kita ketahui.

Orang-orang terdekat, orang-orang mengasihi kita semasa hidup pasti akan merasa kehilangan saat saudara, teman, tetangga atau kerabat lainnya kembali kepada sang pencipta seperti kami sekeluarga sungguh sangat kehilangan. Tapi, semua itu tidak akan mengembalikannya ke dunia ini. Merasa sedih? Pasti akan merasa sedih.

Kehilangan dan kesedihan itu hal yang wajar saja, namun bukan tidak ikhlas karena keikhlasan akan mempermudah jalannya untuk kembali kepada Tuhan-nya, kepada Allah Subhanahuwataalla semoga saja, aamiin.



Doa bagi yang sudah meninggal dan yang masih hidup.

"Allahummaghfir lahu, warhamhu, wa ‘aafihi wa’ fu’anhu, wa akrim nuzulahu, wawassi’ madkhalahu, waghsilhu bilmaa i, wattlji walbardi wanaqqihi minalkhaayaa kamaa yunaqqattubul abyadhu minaddanasi wa abdilhu daaran khairan min daarihi wa ahlan khairan min ahlihi wazaujihi wa adkhilhuljannata wa a’idzhu min ‘adzaabilqabri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar. Allahummaghfir lihayyinaa wa mayyitinaa wa syaahidinaa wa ghaaibinaa wa shaghiiranaa wa kabiiranaa wa dzakarinaa wa untsaanaa. Allahumma man ahyay tahu min naa fa ahyihi ‘alal islaami wa man tawaffay tahu min naa fatawaffahu ‘alal iimaan. Allahumma laa tahrimnaa ajrahu wa laa tudhillanaa ba’dahu birahmatikayaa ar hamar raahimiin. Walhamdulilllahi rabbil ‘aalamiin."

Artinya :

"Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, lindungilah dia dan maafkanlah dia, Dan muliakanlah tempat tinggalnya sekarang ini, dan lapangkanlah kuburnya. Bersihkanlah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan sebagaimana Engkau telah membersihkan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya didunia dengan rumah yang lebih baik daripada yang dia tinggalkan, dan gantilah keluarganya didunia (yang ditinggalkan) dengan keluarga yang lebih baik (diakhirat). yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, dan istri yang lebih baik dari yang ditinggalkan. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dia dari siksa kubur serta fitnahnya, dan dari azab api neraka.
Ya Allah berikanlah ampunan bagi kami yang masih hidup dan yang telah meninggal dunia, dan bagi kami yang hadir, dan bagi kami yang ghoib, dan kami yang masih kecil, dan kami yang dewasa, dan bagi kami laki-laki dan bagi perempuan. Ya Allah, siapapun yang hidup diantara kami, maka hidupkanlah dalam Islam, dan siapapun yang Engkau matikan diantara kami, maka matikanlah kami dalam Iman. Ya Allah, janganlah Engkau halangi kami atas pahala beramal kepadanya dan janganlah Engkau menyesatkan kami sepeninggal dia dengan rahmat-Mu wahai Tuhan yang Maha pengasih lagi maha penyayang. Segala puji bagi-Mu ya Allah Tuhan semesta alam."
Terimalah doa kami ya Allah.

Terima kasih untuk semua sahabat jelmayatiasa yang turut mendoakan dan meng-aamiinkan doa kami. Hanya Allah yang mampu membalas semua kebaikan dan ketulusan yang dihadiahkan pada kami sekeluarga besar.
Barrakallah ....

puisi : Takdir Illahi Sungguh Misteri

Read More

Tuesday, December 5, 2017

Launching Kebun Raya Liwa

33 comments



Alhamdulillah pada tanggal 5 Desember 2017 tepatnya pada hari Selasa pagi pukul 08 : 30 WIB launching Kebun Raya Liwa berjalan sukses dan lancar, lokasi acara Welcome Area Kebun Raya Liwa Pekon Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit, Liwa Lampung Barat.

Pencetus awal almarhum Erwin Nizar MSi, selaku bupati Lampung Barat periode 2002-2007 muncul gagasan setelah Lampung Barat membentuk Kabupaten Konservasi pada tahun 2006 disepakatilah dan juga mendapat dukungan dari seluruh bupati dan walikota sepropinsi Lampung di Kabupaten Lampung Tengah. Dengan harapan di masa itu dengan adanya Kebun Raya Liwa akan memberikan nilai tambah ekonomi disamping tanggung jawab Lampung Barat untuk menjaga dan mempertahankan fungsi hutan lindung dan konservasi dari kawasan hutan yang luasnya mencapai 61,7% dari wilayah administratif Lampung Barat.

Perintis awal pendirian Kebun Raya Liwa yaitu Kadis Kehutan dan SDA 2000-2010, Ir. Warsito melalui ikatan perjanjian kerjasama antar Dinas Kehutanan Lampung Barat dengan Pusat Konservasi Tumbuhan-Kebun Raya LIPI nomor : A23 A/IPH.3/KS/2007 dan Nomor : 522/284/IV.05.1/2007 tgl 8 Maret 2007.

Kebun Raya Liwa berlokasi di Pekon Kubu Perahu Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat. Letak yang sangat strategis di punggung pegunungan Bukit Barisan dan berbatasan langsung dengan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).
Untuk sampai di Kebun Raya Liwa dari Bandara Raden Inten II propinsi Lampung jalur darat lebih kurang enam sampai dengan tujuh jam.



Saat ini Kebun Raya Liwa memiliki koleksi tumbuhan 44 suku, 158 jenis, 121 marga, 712 spesimen koleksi anggrek dengan 69 marga, 207 jenis dengan 712 spesimen. Koleksi diperoleh dari sumbangan beberapa pihak dan hasil ekplorasi. Juga telah dibangun lima fungsi kebun raya yaitu :

1. konservasi hayati

Konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya, yang bertujuan mengupayakan terwujudnya kelestarian sumber daya alam hayati serta keseimbangan ekosistemnya. Hingga bisa mendukung usaha peningkatan kesejahteraan masyarakat dan mutu kehidupan manusia.

2. penelitian

Salah satu fungsi dari kebun raya sebagai pusat penelitian bagi perguruan tinggi atau universitas, yaitu melaksanakan penelitian terhadap jenis-jenis tumbuhan yang berada di kawasan dataran rendah kering Indonesia. Peneliti tidak hanya dari dalam negeri tapi bisa juga dari peneliti asing yang diatur dengan perjanjian dan tata cara penelitian dari awal.

3. pendidikan

Kebun raya juga bisa berpungsi sebagai instrumen pendidikan baik pendidikan dimulai dari tingkat paud untuk mempelajari lingkungan, pengenalan lingkungan agar lebih peduli pada lingkungan.

4. Wisata alam

Kebun raya bisa dijadikan tempat rekreasi yang bisa memberikan pemasukan atau sumberdaya pemasukan daerah dengan tetap memperhatikan kelestarian dan perlindungan bagi tumbuhan dan hayati yang ada di dalam kebun raya liwa.

5. penyelamatan

Kebun raya, taman nasional dan hutan lindung adalah salah satu cara untuk meninggalkan warisan pada generasi mendatang. Kebun raya liwa juga bisa diupayakan untuk pembibitan tumbuhan langka. Allah ciptakan tumbuhan di bumi ini pasti ada manfaatnya. Ini menjadi tantangan generasi untuk menemukan manfaat dari tumbuhan tertentu, kesempatan ini juga bisa dikembangkan oleh pengunjung yang memungkinkan menemukan tumbuhan tertentu yang ada manfaatnya.

Dukungan dari pemerintah daerah dan universitas serta masyarakat untuk lebih mengembangkan kondisi kebun raya yang ada di Indonesia umumnya dan didaerah-daerah khususnya khususnya.

Kebun raya yang sudah di launching 21, sedangkan launching kebun raya liwa adalah yang ke 9. Setelah launchingnya kebun raya liwa untuk pengembangan mempercantik merawat tergantung dari pemerintah daerah dan masyarakat daerah Lampung Barat. Semoga kebun raya liwa kian berkembang di masa mendatang dan lebih di kenal oleh masyarakat luas.

Selamat atas launching Kebun Raya Liwa ditandai dengan penanda tanganan prasasti oleh Bupati Lampung Barat Drs. H. Mukhlis Basri, MM.



Keceriaan dan rasa syukur kepada Allah atas anugerah yang tak terhingga. Sebelum acara dimulai sangat sayang rasanya bila melewatkan moment bahagia dan indah ini tanpa berfoto selfie ria, cekrek! Jadi deh....

artikel : Launching Kebun Raya Liwa

Read More

Wednesday, November 29, 2017

Cake Pisang Ambon Hasil Uji Coba

47 comments



Cake pisang ambon hasil uji coba resep di grup WA. Kalau sudah chating di grup ada aja ilmu yang bisa di ambil, entah itu tentang keagamaan, pekerjaan atau berbagi resep-resep sederhana. Apalagi musim penghujan gini jadi betah lama-lama di dapur tes tes resep.

Ada yang rame nih di grup tentang resep cake. Cake sebenarnya bahasa Inggris yang artinya bolu atau lebih lengkap lagi kue bolu. Bentuk dari cake ini sangat beragam ada yang berbentuk bundar, persegi bisa juga berbentuk lonjong ini sesuai dengan bentuk loyang atau cetakan yang kita gunakan.

Cake dimasak dengan cara di panggang langsung di atas tungku, ada yang dipanggang dalam oven, ada juga yang dimasak dengan cara di kukus, yaitu bolu kukus. Cara membuat cake dimulai dengan mengocok telur hingga mengembang kemudian ditambahkan bahan lainnya seperti terigu dan margarine.

Membuat cake tidak hanya monoton terigu dan gula saja, agar tidak bosan kita bisa variasikan dengan puding, yaitu cake yang di mix dengan puding atau agar-agar yang disebut dengan cake puding. Bisa juga dengan menambahkan labu, buah dan ada juga yang membuat cake mini bentuknya kecil-kecil sehingga memudahkan saat menyajikannya.



Hari ini rasanya aku sangat berbahagia sekali karena punya kesempatan untuk berbagi resep lagi. Resep Cake Pisang Ambon hasil uji coba, mungkin pembaca pernah merasakannya atau mungkin pernah membuatnya kita berbagi pengalaman yuk!

Jujur aku akui buat cake termasuk gampang-gampang susah, kenapa? Karena salah sedikit saja saat proses pembuatan akan membuat cake menjadi bantat, untuk menghindari kue bantat Cek disini ya....

Bahan-bahan yang digunakan :

120 gram pisang ambon, lebih kurang 2 buah pisang ukuran sedang

2 butir telur (telur ayam telur bebek ok deh)

50 gram gula pasir (gula putih halus lebih disukai)

100 gram tepung terigu protein sedang

60 gram mentega, lelehkan atau dicairkan dengan cara di tim, ingat asal cair saja ya, jangan sampai mendidih karena cake akan kering nantinya

Cara Membuatnya :

1. Bisa dengan memanaskan oven dulu pada suhu 170'C.

2. Siapkan loyang loaf atau loyang yang disukai alasi dengan kertas baking atau kertas roti atau baking paper atau sebut saja kertas alas loyang kue, banyak kok jualannya di toko-toko bahan kue. Kita sisihkan dulu.

3. Kalau telur baru dikeluarkan dari lemari es biarkan dulu beberapa saat sampai pada suhu ruang, boleh juga dengan cara merendam telur dalam air hangat suam kuku selama 2-3 menit, agar putih telur menjadi encer sehingga mengembang maksimal saat dipengocokan. Harus dipastikan betul air tidak panas karena akan membuat telur menjadi setengah matang atau menjadi matang.

4. Kupas pisang ambon kemudian hancurkan pisang dengan menggunakan garpu sampai hancur, jangan menggunakan blender ya, karena tekstur pisang akan hilang. Ok kita sisihkan dulu pisang ambon lumatnya.

5. Kocok telur yang telah direndam dalam air hangat dan gula pasir dengan kecepatan rendah sampai tercampur rata setelah tercampur rata kemudian naikkan kecepatan mixer dan kocok hingga mengembang hingga kental dan berwarna putih pucat. Tahapan ini disebut dengan ribbon stage, yaitu cara mengetesnya angkat alat pengocok, bila adonan langsung jatuh atau menetes itu berarti adonan belum mengembang stabil, maka lanjutkan dengan pengocokan kembali hingga tercapai ribbon stage. Adonan akan tampak kaku nantinya.
Adonan tidak langsung menetes saat pengocok telur diangkat.

6. Tahapan selanjutnya kita tambahkan pisang lumat tadi, aduk perlahan saja dengan teknik aduk balik hingga tercampur baik dan sempurna.

7. Lanjutkan dengan memasukkan tepung, dengan tekhnik diayak agar tepung tidak menggumpal ke dalam adonan telur dan pisang. Aduk adonan dengan menggunakan spatula tetap menggunakan teknik aduk balik dan perlahan tujuannya agar tidak banyak busa yang menjadi cair. Penampakan adonan yang benar adalah adonan terlihat kental dan pekat.

8. Ambil mentega yang telah dilelehkan tadi lalu tuang 1/4 adonan ke dalamnya (mangkuk berisi mentega leleh) aduk perlahan hingga tercampur dengan sempurna. Lanjutkan memasukkan sisa adonan ke dalam adonan mentega, aduk tetap dengan teknik aduk balik secara perlahan hingga tercampur rata.

9. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti. Panggang selama lebih kurang 20 menit, bila permukaan cake tampak sudah mengeras serta kekuningan, keluarkan loyang dari dalam oven, iris memanjang permukaan cake. Ingat! Lakukan dengan cepat jangan sampai cake keburu dingin. Kemudian masukkan kembali cake ke dalam oven dan panggang selama 20 menit atau hingga cake matang.

10. Tes kematangan cake dengan cara menusukkan lidi ke dalam kue jika tidak ada adonan yang menempel pada lidi tandanya cake telah matang.

11. Keluarkan cake dari oven, tunggu atau diamkan hingga uap panasnya hilang. Keluarkan cake dari loyang, taraaaaa .... saatnya untuk mencicipi cake pisang ambon hasil uji coba.

Tertarik untuk mencoba? Cobalah! Semoga berhasil ya. Wassallam πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€terima kasih untuk waktunya membaca resep ini.

Read More

Tuesday, November 28, 2017

Oleh oleh Makanan yang Khas dari Daerah Bengkulu

41 comments

Oleh-oleh makanan yang khas dari daerah Bengkulu adalah Lempuk durian, Snack kupis, Kue Siput Putri, Keripik kulit Tenggiri. Dalam rangka ulang tahun propinsi Bengkulu yang ke 49, propinsi ini menggelar Bengkulu Expo 2017 dari tanggal 16 sampai dengan 20 November 2017 di Sport Center, Pantai Panjang kota Bengkulu. Selain sebagai agenda tahunan Bengkulu Expo 2017 juga menjadi ajang mempromosikan potensi daerah serta menjadi salah satu wadah pertukaran informasi dengan daerah lain. Khususnya cara-cara dan informasi sistem pengemasan yang berhubungan dengan produk-produk khas unggulan daerah masing masing.



Lampung Barat ikut serta dalam ajang bergengsi ini loh, Lampung Barat juga punya produk-produk unggulan yang khas baik kuliner maupun etniknya. Tapi kali ini aku ingin berbagi produk yang khas makanan dari propinsi Bengkulu ini. Mungkin saja pembaca blog jejak maya sedang mencari-cari oleh-oleh apa yang akan di bawa nantinya kalau berkunjung ke propinsi Bengkulu nanti. Saat liburan akhir tahun mungkin? Aku punya sedikit referensi makanan yang khas dari propinsi Bengkulu mungkin bisa menjadi pilihan oleh-oleh.

Mau tahu oleh-oleh makanan yang khas dari daerah Bengkulu? Ini dia cek dulu ya ....

1. Lempuk Durian



Lempuk durian ini terbuat dari durian dan gula. Rasanya manis banget, tapi tidak membuat bosan karena paduan rasa dan aroma duriannya sangat khas. Bagi yang suka dengan rasa manis dan rasa durian yang sangat terasa lempuk durian bisa jadi pilihan oleh-oleh yang istimewa. Lempuk durian di kemas dalam ukuran yang bervariasi dari 250 gram, 500 gram sampai ukuran 1000 gram. Silahkan mau pilih yang berapa gram.

2. Snack Kupis



Snack kupis ini cukup unik dan sangat kreatif menurut aku sih! Kenapa? Karena snak kupis ini dibuat dengan bahan yang tidak biasa. Snack kupis memang snack unik karena dibuat dari kulit pisang. Nah, kreatifkan. Biasanya kulit pisang kita buang begitu saja eh ternyata bisa dibuat snack. Rasanya gurih, sedikit pedas dan ada tambahan rasa rempah-rempah. Sangat renyah kalau sekali merasakannya aku yakin akan ketagihan, cos rasanya enak banget. Nah kupis ini cocok untuk oleh-oleh kalau kamu nanti berkunjung ke propinsi Bemgkulu.

3. Kue siput putri





Namanya cantik secantik rasanya yang manis. Ya kue siput putri ini rasanya manis bentuknya mirip siput kalau digigit renyah dan di dalamnya ada kacang tanah yang di tumbuk kasar, saat di lumat paduan rasa kacang yang gurih dan manis gula siap melumer di mulut mu. Buat yang tidak suka dengan rasa pedas makanan khas daerah Bengkulu yang satu ini menurutku sangat cocok jadi pilihan. Boleh deh aku dibawain oleh-oleh yang ini aku sudah cobain emang enak manisnya sedang tidak terlalu manis jadi tidak bosan untuk terus memakannya.

4. Keripik kulit tenggiri

Kalau ini juara deh buat yang suka dengan rasa pedas, rasa pedasnya nendang banget aku nggak kuat saat merasakan keripik kulit tenggiri yang pedas ini. Selain ada tingkatan rasa pedas yang bisa disesuaikan dengan selera pedas ada juga yang original. Jadi buat yang tidak suka pedas bisa pilih yang original aja deh. Ada yang membuat aku suka juga sih dari makanan ini, yaitu rasa ikannya kerasa banget. Kalau dijadikan teman makan nasi yang hangat, hem aku rasa sangat cocok. Aku baca dikemasannya makanan ini terbuat dari kulit ikan tenggiri, sagu, telur, dengan tambahan bumbu (bawang) juga cabe, karena itulah menurutku cocok dimakan sebagai teman makan nasi. Teksturnya sangat kranji alias renyah banget pokoknya muantap deh!
Ini diterakan pada kemasannya ;
Gurih, Renyah, Enak dan tanpa bahan pengawet. Alamat : Jln HM Zahab No. 65 Rt 3. RW 1. Kel. Bajak Bengkulu WA 082378762327

Keempat yang khas dari propinsi Bengkulu ini bisa jadi pilihan kalau ingin membawa oleh-oleh, tidak menutup kemungkinan akan lebih banyak lagi pilihan bila sudah sampai di Bengkulu. Yang aku share ini hanyalah sedikit mewakili saja dan yang pernah dirasakan oleh indera perasaku. Menurutku enak dan cocok untuk oleh-oleh. Mau yang lunak pilih lempuk durian atau mungkin ingin yang pedas renyah silahkan pilih yang disukai. Satu lagi jangan lupa cek juga tanggal kadaluarsanya ya.

Ok, sekian dulu share dari aku hari ini semoga ada manfaatnya, inshaallah kita jumpa lagi dipostingan yang akan datang, wassallam.

Oleh oleh : Oleh-oleh makanan yang khas dari daerah Bengkulu

Read More

Monday, November 27, 2017

Hujan Deras Longsor Datang Sungai Meluap Ruko Hanyut dan Pohon pun Tumbang

33 comments

Hujan deras longsor datang sungai meluap ruko hanyut dan pohon pun tumbang. Lampung Barat dan sekitarnya di guyur hujan sejak pagi Minggu kemarin hingga malam Senin. Cuaca yang memang sudah dingin karena Lampung Barat sebagian besar adalah pegunungan dan lembah ditambah lagi merupakan daerah rawan longsongsor. Guyuran hujan yang tiada henti diwilayah Lampung Barat dan Pesisir Barat, menyebabkan terjadinya longsor sekitar pukul 15.30 WIB di jalan Liwa menuju Krui tepatnya antara kota Liwa dan Kubu Perahu pada hari Minggu 26 Nopember 2017.



Sungai meluap. Hujan yang sangat deras seharian di hari Minggu juga menyebabkan sungai meluap dan banjirnya di Kubu Perahu Kecamatan Balik Bukit, Lampung Barat. Banjir Sungai Kubu Perahu ini menghanyutkan satu unit ruko milik warga di Pekon Kubu Perahu Iwan Riyadi di kilometer 23.



Ruko hanyut. Ruko milik Iwan Riyadi di kilometer 23 ini hanyut karena luapan air sungai dan menyebabkan banjir yang menghanyutkan ruko milik warga pekon Kubu Perahu kecamatan Balik Bukit kabupaten Lampung Barat. Hanyutnya ruko milim Riyadi tidak menelan korban jiwa, tapi menyebabkan kerugian pada materi Sudah bisa dipastikan. Sedangkan jarak lokasi longsor dengan Ruko milik Iwan Riyadi berjarak lebih kurang sekitar lima kilo meter.
Jarak dengan pusat kota Liwa sebagsi ibu kota kabupaten Lampung Barat sekitar lima kilo meter.

Longsor datang. Longsornya jalan lintas tengah tersebut sampai saat ini tidak ada korban jiwa, akan tetapi mengakibatkan arus lalu lintas kendaraan dari kota Liwa menuju Krui atau sebaliknya dari Kabupaten Pesisir Barat, Krui sementara terhenti. Terlihat beberapa anggota satuan lalulintas Polres Lampung Barat yang melakukan penjagaan di area longsor sambil menunggu petugas yang akan bekerja menangani musibah longsor yang terjadi saat ini.



Hujan yang tiada henti di Pesisir Barat dan Lampung Barat (sampai sekarang hujan masih turun dengan derasnya) juga menyebabkan meluapnya air sungai yang ada di daerah tersebut terutama sungai yang ada di kecamatan Karya Penggawa kabupaten Pesisir Barat tetangga dari Kabupaten Lampung Barat. Sekedar tambahan informasi saja Kabupaten Pesisir Barat adalah Kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Lampung Barat yang diresmikan pada 22 April 2013.



Pohonpun tumbang. Intensitas hujan yang cukup tinggi tidak hanya menyebabkan longsornya jalan dari kota Liwa, Lampung Barat menuju kota Krui, Pesisir Barat, meluapnya sungai yang juga akhirnya menghanyutkan ruko milik warga dan juga menyebabkan tumbangnya beberapa pohon yang ada di pinggir jalan yang praktis juga menambah terganggunya aktifitas trasformasi antar kedua kabupaten tersebut.



Semoga kejadian bila hujan deras longsor datang sungai meluap ruko hanyut dan pohonpun tumbang ini adalah kejadian yang terakhir kalinya.
Aamiin.

note maya : Hujan Deras Longsor Datang Sungai Meluap Ruko Hanyut dan Pohonpun Tumbang

Read More

Friday, November 24, 2017

Resep Kue Misro Praktis Amis di Jero

25 comments

Resep Kue Misro Praktis Amis di Jero. Kue misro adalah kue khas Jawa Barat yang cukup di kenal tidak hanya di daerah Jawa Barat sendiri, tapi juga sudah di kenal sampai keluar Jawa Barat salah satunya Lampung Barat.

Misro sendiri adalah kepanjangan kata dari kata amis di jero. Penasarankan kue kok namanya amis di jero. Amis di jero artinya manis di jero, kue misro ini salah satu kue khas Sunda nama misro itu di ambil dari bahasa Sunda.

Ada juga kue combro yang berasal dari Sunda. Kata combro kepanjangan dari kata oncom di jero.

Misro dan combro adalah kue yang berbahan singkong yang di parut kemudian di goreng. Sedangkan yang membedakannya adalah isi dari kedua kue ini, kalau misro diisi dengan gula merah kemudian dibulatkan dan di goreng. Combro diisi dengan sambal oncom yang di tumis dulu dibentuk lonjong bulat baru di goreng. Oncom biasanya dinikmati sambil menggigit cabe rawit bagi yang punya selera rasa pedas.

Secara rasa dari kedua kue ini sama enaknya untuk teman minum teh dalam setiap kesempatan moment kebersamaan. Tinggal pilih mana yang disukai suka yang amis atau manis silahkan pilih misro, mau yang gurih pilih combro.

Dalam kesempatan ini jejak maya ingin share kue misro amis di jero. Sangat mudah sekali dalam pembuatannya. Lihat tampilannya dulu ya, nah ini dia kue misro amis di jero yang sudah jejak maya siapkan.



Ingin ikut membuatnya?
Lihat resepnya ya ....


Resep Kue Misro Praktis Amis di Jero

Bahan utama :

Singkong, pilihlah singkong yang berkwalitas baik guna menghasilkan kue yang lezat dan sehat.

Gula semut aren, boleh juga menggunakan gula merah biasa silahkan

Garam halus

Minyak goreng untuk menggoreng

Caranya sangat mudah dan praktis pake banget :

- [ ] Kupas dan cuci hingga bersih singkong yang akan digunakan

- [ ] Parut singkong yang sudah di cuci bersih lakukan pada semua singkong yang akan digunakan

- [ ] Setelah singkong di parut semua beri garam halus lalu ratakan agar rasa asin pada garam tidak menumpuk pada satu tempat saja

- [ ] Ambil lebih kurang sebesar bola pimpong parutan singkong pipihkan agak membentuk cekungan kemudian isi gula semut atau gula merah bulatkan hingga gula tertutup sempurna, lakukan hingga adonan parutan singkong habis

- [ ] Saatnya menggoreng bulatan singkong, panaskan minyak gorenglah bulatan-bulatan singkong tadi dengan api sedang hingga berwarna kuning keemasan

- [ ] Angkat dan tiriskan dulu minyak gorengnya

- [ ] Tata pada piring saji, kue misro siap dihidangkan untuk teman minum teh bersama orang-orang tersayang. Rasakan amisnya saat menggigit bagian tengah kue misro buatan tangan sendiri

Sangat simpel dan praktis sekali, nikmati kue misro ini selagi hangat akan terasa lebih nikmat sehangat kebersamaan bercengkrama bersama keluarga. Nah buat yang kangen dengan rasa kue ini, silahkan di coba resepnya mudah nggak ribet dan nikmatilah.

Cukup ini dulu yang bisa aku bagikan hari ini semoga ada manfaatnya salam hangat buat sahabat yang berada di Bandung kangen banget loh, juga salam hangat buat sahabat jejak maya yang berada di mana saja salam "Orang Indonesia" (OI)

dapur maya : Resep Kue Misro Praktis Amis di Jero

Read More